KOMPETENSI KEPEMIMPINAN KINERJA DALAM MENJAMIN TERLAKSANANYA AKUNTABILITAS JABATAN ADMINISTRATOR
Surabaya, September 2024
Penyatuan dunia menjadi satu terjadi dalam proses globalisasi. Masyarakat di seluruh dunia menjadi saling tergantung di hampir semua aspek kehidupan, baik kehidupan politik, ekonomi, maupun kebudayaan. Era globalisasi yang ditandai dengan keterbukaan, mengusung pola kerja kolaborasi dan kerjasama. Ini tentu mengubah sistem kerja di segala lini, termasuk organisasi pemerintah.
Organisasi atau perkumpulan yang dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu memerlukan kepemimpinan untuk membantu mengelola dan memutuskan kebijakan. Tanpa kepemimpinan, tiap anggota akan melaksanakan fungsi yang tidak sesuai dengan sistematika, yang berakhir pada kekacauan struktural dan organisasi.
Kepemimpinan berasal dari kata pimpin yang dilansir dari KBBI adalah mengetuai atau mengepalai. Kepemimpinan adalah karakteristik yang secara simbolik dan teknis berada di depan atau puncak kekuasaan tertinggi dalam suatu organisasi atau perkumpulan.
Tugas utama kepemimpinan dalam birokrasi adalah melakukan perubahan sebagai pemersatu bangsa, pelaksana kebijakan, dan pelayan publik. Pemimpin yang memiliki komitmen dan integritas tinggi, dapat mewujudkan kinerja pelayanan publik yang diharapkan masyarakat. Pemimpin terbentuk atas sebuah metamorfosa dari pengetahuan, keahlian, dan perilaku yang diikat dalam sebuah tatanan sikap. Kepemimpinan adalah sebuah seni mengelola dan mengolah tim untuk bekerja demi tujuan bersama.
Dalam organisasi, Pejabat Administrator berada dalam tatanan manajerial menengah yang menjadi penentu atas keberhasilan kinerja organisasi. Pejabat Administrator adalah pegawai ASN yang menduduki jabatan administrasi pada instansi pemerintah. Pejabat administrator bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.
Sesuai Undang-Undang ASN Nomor 20 Tahun 2023 disebutkan bahwa pengembangan kompetensi merupakan kewajiban setiap ASN. Tidak terkecuali bagi para Pejabat Administrator. Pelaksanaan pengembangan kompetensi manajerial melalui jalur Pelatihan Struktural Kepemimpinan Administrator, tidak semata dalam rangka pemenuhan standar kompetensi manajerial, tapi juga sebagai upaya membentuk kompetensi kepemimpinan kinerja dalam menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrat.
Pelatihan Kepemimpinan Administator Angkatan II Kementerian PUPR Tahun 2024 yang diselenggarakan di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya, secara blended learning, sejak 23 Juli s.d. 21 November 2024 mendatang, adalah bentuk komitmen Badan Pengembangan SDM dalam mewujudkan amanah undang-undang.
Sebanyak 908 jam pelajaran melalui 6 tahapan pembelajaran harus dilalui 31 pejabat administrator tersebut. Bukan suatu yang mudah pastinya, dimana mereka pun tetap harus melaksanakan tugas di unit kerjanya masing-masing. Oleh karena itu, Kapusbangkom Manajemen, Ir. Mohammad Adam, MM., dalam arahannya di sesi pembukaan, mengapresiasi kehadiran peserta untuk melaksanakan Pembelajaran Klasikal Tahap I di #KampusPerubahan.
Menariknya, selama sesi klasikal tahap I ini, para peserta PKA tidak hanya belajar di kelas. Sesi pendalaman keilmuan juga dilakukan dengan beberapa kunjungan implementasi dan studi lapangan yang dilakukan ke beberapa instansi, dengan harapan mereka bisa melakukan perbandingan, sharing keilmuan, mendapatkan pengalaman langsung, mengadopsi, dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja organisasi dari masing-masing instansi tersebut.
Berikut kegiatan kunjungan implementasi dan studi lapangan yang dilakukan para peserta PKA :
- Kunjungan Implementasi Agenda I : “Kepemimpinan Pancasila & Nasionalisme” yang dilakukan di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Surabaya pada Jumat, 30 Agustus 2024. Di kampus prajurit teknokrat ini para peserta disambut langsung Komandan STTAL, Laksmana Pertama TNI Dr. Mukhlis, ST., M.M., beserta jajaran, sekaligus juga menyampaikan materi tentang Pancasila dan Nasionalisme.
- Kunjungan Implementasi Agenda II : “Kepemimpinan Kinerja” yang dilakukan di Kampus BRI Corporate University Surabaya pada Selasa, 03 September 2024. Head of Campus Jimmy Carter Sudianjaya menyambut langsung peserta ditemani Manager Learning Program and Partnership, Fitria Nor dan Nagang Kita Sembiring
- Studi Lapangan Kinerja Organisasi ke Dinas Kota Samarinda pada Selasa, 10 September 2024. Ditemui Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, H. Julia Noor, SIP di Balai Kota, selanjutnya para peserta PKA dibagi menuju 3 lokus dalam rangka pendalaman materi.
Lokus 1 Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana untuk pembelajaran terkait Kinerja Reformasi Birokrasi Tematik dan SAKIP
Lokus 2 Dinas Kominfo untuk pembelajaran terkait Transformasi Digital
Lokus 3 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu untuk pembelajaran terkait Pelayanan Publik
Balai Kota |
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana |
Dinas Kominfo |
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu |
- Studi Lapangan Kinerja Organisasi juga dilakukan ke Otorita Ibu Kota Negara pada Rabu, 11 September 2024. Sebagai narasumber, Sekretaris Organisasi dan Kerjasama OIKN, mempercayakan kepada Kepala Biro Perencanaan, Organisasi, dan Kerjasama OIKN, I Gusti Agung Krisna Murti, S.Sos., MM dalam sharing session.
(SarahAkib)