26 NOVEMBER 2024

|

02:27 WIB

TINGKATKAN PENGETAHUAN, SEMUA UNOR PUPR DIMINTA TINGKATKAN KONTEN SIMANTU

06 Februari 2020  /   BPSDM Kementerian PUPR       2533

Bandung (14/9) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak seluruh unit organisasi untuk bersama-sama mengevaluasi pengisian konten pada Sistem Manajemen Pengetahuan (Simantu) serta meningkatkan kesadaran para pengguna di kalangan internal PUPR. Hal itu mengemuka dalam pertemuan yang disenggarakan oleh BPSDM PUPR di Jakarta, Kamis (6/2).


Kepala Bagian Data dan Informasi BPSDM, Lisniari Munthe, dalam penjelasannya mengatakan aplikasi Simantu bukan merupakan milik BPSDM, melainkan Kementerian PUPR. Karena itu, seluruh unor harus merasa ikut memiliki aplikasi tersebut sebagai aset pengetahuan ke-PUPR-an yang mudah diakses, baik melalui komputer maupun ponsel. Untuk itu, semua pihak harus terpadu dalam satu pintu untuk memudahkan pencarian informasi yang lebih balid mengenai dunia ke-PUPR-an.


Sejak diluncurkan pada Maret 2019 Simantu gencar disosialisasikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) PUPR mengenai banyaknya keuntungan yang bisa didapat dengan mengakses website tersebut, karena selain terus memberikan informasi terbaru juga menampilkan pengetahuan yang sedang hangat diperbincangkan.


Total Pengunjung Simantu pada Kamis (6/2) tercatat sebanyak 249 orang, meningkat dari sehari sebelumnya, Rabu (5/2) sebanyak 227 orang. Dalam seminggu ini jumlah pengunjung Simantu sebanyak 1.374 orang, sedangkan jumlah pengunjung dalam sebulan ini sebanyak 5632, sehingga total pengunjung Simantu sudah mencapai 51.299 orang.


Salah satu fitur Simantu, Ruang Diskusi, ditangani langsung oleh para ahli Kementerian PUPR yang dihubungkan dengan whatsApp melalui Live Chat. Dengan cara tersebut pengunjung bisa mendapatkan jawaban dari para ahli Kementerian PUPR dan dapat langsung berdiskusi dengan para pengunjung Simantu lainnya secara real time. Live Chat tersebut diintegrasikan dengan website dan aplikasi seluler, sehingga memudahkan pengunjung mengakses maupun berbicara secara langsung dengan sang ahli. 


Untuk kemajuan Simantu ke depan diharapkan ada pertemuan lanjutan yang digelar secara rutin dengan seluruh admin, editor, maupun kontributor untuk menyeragamkan sistematika pengisian konten maupun penambahan fitur agar lebih akrab dengan pengguna. (Datin)