30 JANUARI 2023

|

16:04 WIB

TALKSHOW SIMANTU MENCARI SOLUSI PENGEMBANGAN SDM KE DEPAN

23 Januari 2023  /   BPSDM Kementerian PUPR   

Bandung 18 Januari 2023 - Sebagaimana diketahui dalam setiap organisasi pemerintah membutuhkan SDM yang profesional dan kompeten. Oleh karena itu BPSDM mempunyai tugas melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia, Sebagai penyelenggara pengembangan kompetensi SDM PUPR, BPSDM juga melakukan penyebarluasan informasi 


Pengembangan Sumber Daya Manusia diperlukan agar setiap karyawan tidak terjebak rutinitas dan dapat bekontribusi aktif memajukan perusahaan di era yang cepat berubah ini. Zona nyaman bisa berarti banyak hal, termasuk keadaan dimana karyawan terbiasa dengan rutinitas dan ilmu yang dia miliki untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya yang itu-itu saja. Oleh karena itu diperlukan cara penanganan dan peningkatan SDM untuk kedepannya agar lebih baik lagi perlu diadakannya; Training/Pelatihan; Pendidikan; Pembinaan; dan Penghargaan.


Pada Talkshow kali ini, Kepala BPSDM, Khalawi AH menjadi narasumber terkait tema Pengembangan SDM ke depan. Dalam obrolan santainya, Khalawi AH menjawab sebuah pertanyaan tentang SDM seperti apa yang dibutuhkan Indonesia menuju Indonesia emas 2045 terkhusus di Kementerian PUPR. “Untuk menghadapi 2045 Pak Presiden sudah mengeluarkan beberapa regulasi melalui Kementerian PAN RB untuk kebutuhan ASN di Indonesia ini menuju ke 2045, tentunya pertama kita kuatkan dari wawasan kebangsaannya dulu, kemudian IT-nya karena suatu kebutuhan di kemudian hari juga.” 

Khalawi AH menambahkan juga, “Kita harus menjadi menjadi ASN PUPR yang solutif, jangan hanya memberikan permasalahan, tapi solutif. Menjadi ASN PUPR itu dituntut untuk selalu bisa menyelesaikan masalah.”


Semakin unggul kualitas sumber daya manusia yang dimiliki sebuah organiasi, maka akan semakin kuat pula daya saing organisasi tersebut. Untuk saat ini yang menjadi tantangan bagi organisasi adalah penguatan pengelolaan manajemen sumber daya manusianya, sebagai salah satu elemen yang utama pada organisasi dimana sumber daya manusia memerlukan sistem manajemen yang baik. 


Bekerjalah dengan baik, tulus dan disiplin. Berusahalah untuk menjadi seorang aparatur yang kreatif dan inovatif. JANGAN BERHENTI BELAJAR Teknologi sekarang dan yang akan datang lebih cepat OBSOLETE Saat orang berhenti belajar, saat itulah mulai BODOH, ujar Khalawi AH dalam acara tersebut.


Kegiatan Talkshow Simantu ini diadakan selama 1 hari tanggal 18 Januari 2023 di Studio Podcast Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah dengan Methode Online Zoom Simantu embed live youtube channel BPSDM.