06 FEBRUARI 2023

|

10:07 WIB

MENGINGAT PEGAWAI SEBAGAI ASET STRATEGIS, PUPR TERUS LAKSANAKAN PENILAIAN POTENSI DAN KOMPETENSI SDM

25 Januari 2023  /   BPSDM Kementerian PUPR   

Jakarta (24/01/2023) - Dewasa ini, Sumber Daya Manusia (SDM) mulai bergeser dari hanya sebagai sumber daya yang harus diurus menjadi aset strategis yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang menyebabkan perubahan dalam cara kerja dan perubahan dalam kebutuhan tenaga kerja, sehingga SDM harus diakui sebagai aset yang sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi.


Kompetensi dan potensi SDM saat ini dinilai menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi. Penilaian potensi dan kompetensi SDM dapat digunakan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan SDM sehingga dapat membantu dalam meningkatkan kinerja dan nilai tambah bagi organisasi. Karenanya, PUPR melalui BPSDM kembali menyelenggarakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 Ke Atas di Lingkungan Kementerian PUPR.


Penilaian ini diselenggarakan untuk melakukan pengukuran potensi, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural. Pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi ini dilakukan secara online melalui Sistem Asesmen Online Kementerian PUPR (SEMEN PUPR), sesuai standar kompetensi jabatan yang dipersyaratkan. Penilaian Potensi dan Kompetensi ini dilaksanakan selama 4 hari, dimulai pada hari Selasa, 24 Januari 2023 hingga Kamis, 26 Januari 2023 dan diikuti oleh sebanyak 80 orang.


“Peningkatan ASN yang unggul, berintegritas, dan berdaya saing merupakan satu dari enam fokus utama kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun 2023. Salah satu langkah untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menjadi Smart Aparatur Sipil Negara (ASN). Smart ASN merupakan pegawai dengan kompetensi, kinerja, serta profesionalisme yang tinggi sehingga mampu beradaptasi dan semakin responsif terhadap perubahan dan pencapaian tujuan organisasi,"ungkap Kepala Pusat Pengembangan Talenta, Rudy Ridwan Effendi dalam sambutannya.


Rudy menambahkan, “Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menegaskan bahwa dalam menunjang Agenda Prioritas Presiden Untuk 5 Tahun Kedepan perlu adanya Perkuatan Sumber Daya Manusia yang Berintegritas dan Kompeten. Sejalan dengan arahan beliau tersebut, maka diperlukan peningkatan karakter yang baik dan kuat para pegawai PUPR dengan mampu bersikap Berani, Tangguh dan Disiplin.”