Hasil Survey Kepuasan
HASIL INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
PUSAT PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA AIR DAN PERMUKIMAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT
TAHUN 2022
1. Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Sumber Daya Air (SDA) dan Permukiman telah melakukan survei kepuasan masyarakat sesuai dengan Permen PAN RB No 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
2. Kuesioner disampaikan secara online melalui https://bit.ly/survei_ppid
3. Berdasarkan data yang terkumpul mulai dari tanggal 21 April 2022 sampai dengan 21 November 2022, telah tercatat sekitar 71 responden yang telah melakukan survey kepuasan masyarakat.
4. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat mengenai layanan Pusbangkom SDA dan Permukiman mendapatkan hasil antara lain:
• Dari 71 orang responden terdapat 61,4% laki-laki dan 38,6% perempuan.
• Untuk tahun lahir responden mulai dari 1963 sampai dengan 1997.
• Terkait pendidikan responden, yaitu 1,42% lulusan SD, 18,5% lulusan SMA, 5,71% lulusan D3, 57,1% lulusan D4/S1, dan 17,1% lulusan S2.
• Pekerjaan dari responden antara lain 42% merupakan Pegawai Negeri Sipil, 11,6% adalah Pegawai Swasta, sedangkan 46,4% merupakan lainnya.
• Kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanan yaitu 67,1% menilai sudah sesuai dan 31,4% menilai sangat sesuai.
• Mengenai kemudahan prosedur pelayanan di Pusbangkom SDAP, 57,1% menilai mudah, 38,6% menilai sangat mudah, dan 4,3% menilai kurang mudah.
• Untuk kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan 60% menilai cepat, 32,9%menilai sangat cepat dan 7,1% menilai kurang cepat.
• Tentang kemudahan peminjaman sarana/prasarana dan permintaan data terkait Pusbangkom SDAP 61,4% menilai mudah dan 37,1% menilai sangat mudah.
• Kesesuaian produk pelayanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan hasil yang diberikan yaitu 65,7% menilai sesuai, dan 32,9% menilai sangat sesuai.
• Mengenai kompetensi/kemampuan petugas dalam pelayanan 68,6%menilai sudah kompeten dan 30% menilai sangat kompeten
• Untuk perilaku petugas dalam pelayanan terkait kesopanan dan keramahan 54,3% sopan dan ramah, lalu 44,3% meniali sangat sopan dan ramah.
• Mengenai kualitas sarana dan prasarana di Pusbangkom SDAP yaitu 57,1% menilai baik, dan 41,4% menilai sangat baik.
• Terakhir penanganan pengaduan pengguna layanan adalah 67,1% dilaksanakan dengan baik, dan 30% dilaksanakan dengan sangat baik.
5. Sesuai dengan Permen PAN RB No 14 Tahun 2017, maka dikeluarkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan nilai unsur pelayanan sebagai berikut: