|

Hasil Survey Kepuasan

HASIL SURVEY LAYANAN INFORMASI PUBLIK DI WEBSITE BPSDM PERIODE NOVEMBER 2018 - JUNI 2019

Dalam rangka meningkatkan layanan informasi publik pada salah satu media pelayanan informasi BPSDM yaitu website BPSDM, BPSDM melakukan survey melalui Fitur Pengukuran Kepuasaan Pengguna Website BPSDM terhadap pengguna website BPSDM terkait optimalisasi pemanfaatan layanan informasi untuk memperoleh masukan dan saran guna perbaikan sistem pengelolaan dan pelayanan informasi BPSDM kedepan. Pada survey kepuasaan pengguna website BPSDM ini, para pengguna diminta untuk mengisi kuesioner serta menuliskan kritik maupun saran terhadap pemanfaatan layanan informasi BPSDM.  


                                                                  


Gambar 1. Tampilan Kuesioner Online Kepuasan Pengguna Situs BPSDM


Survey Kepuasan Pengguna Situs BPSDM telah ditampilkan sejak November 2018. Sampai Juni 2019, terdapat 203 responden yang mengisi survey ini. Berdasarkan rekapitulasi isian survey, diperoleh hasil sebagai berikut:

a) Data Responden

    Data responden terdiri dari jenis kelamin, rentang usia, dan dan asal instansi.

               

                                                                     

Grafik 1. Jenis Kelamin Responden Survey Kepuasan Pengguna Situs BPSDM 


Dari 203 responden, mayoritas jenis kelamin responden adalah laki-laki sejumlah 134 responden atau sebesar 66,01%, sedangkan sisanya sebanyak 69 responden adalah perempuan atau sebesar 33,9% dari keseluruhan responden.


                                                                       

Grafik 2. Usia Responden Survey Kepuasan Pengguna Situs BPSDM


Dari 203 responden, mayoritas usia responden berada di rentang 31 s.d. 45 tahun sebanyak 117 responden atau sebesar 57,64%, diikuti oleh rentang usia 20 s.d. 30 tahun sebanyak 59 responden atau sebesar 29,06%, dan sisanya sebanyak 27 responden dari rentang usia di atas 46 tahun sebanyak 27 orang atau sebesar 13,3% dari keseluruhan jumlah responden.



Grafik 3. Asal Instansi Responden Survey Kepuasan Pengguna Situs BPSDM 


Dari 203 responden, mayoritas didominasi oleh responden yang berasal dari Kementerian PUPR yaitu sebanyak 148 responden atau sebesar 72,91% sedangkan sisanya berasal dari Non-Kementerian PUPR yaitu sebanyak 55 responden atau 27,09% dari keseluruhan jumlah responden.

b) Penggunaan Website BPSDM

   Penggunaan Website terdiri dari informasi tentang akses perdana ke website BPSDM, sumber informasi tentang website BPSDM, jenis informasi yang dicari dari website BPSDM, frekuensi kunjungan ke website BPSDM, dan perangkat yang digunakan untuk mengakses website BPSDM.


 


Grafik 4. Akses Perdana ke Website BPSDM


Dari 203 responden, mayoritas mengisi bahwa ini merupakan perdana atau pengalaman pertamanya mengakses website BPSDM, yaitu sebanyak 157 responden atau 76,96%, sedangkan sisanya sudah beberapa kali mengakses yaitu sebanyak 47 responden atau 23,04% dari keseluruhan jumlah responden.




Grafik 5. Sumber Informasi tentang Website BPSDM


Dari 203 responden, mayoritas mengetahui informasi tentang Website BPSDM dari rekan kerja, yaitu sebanyak 91 responden atau 44,61%, diikuti oleh informasi dari lainnya sebanyak 56 responden atau 27,45%, informasi dari media sosial sebanyak 41 responden atau 20,1%, informasi dari event atau kegiatan BPSDM sebanyak 9 responden atau 4,41%, dan sisanya dari poster sebanyak 7 responden atau 3,43% dari keseluruhan jumlah responden.


       

Grafik 6. Sumber Informasi tentang Website BPSDM


Terkait pencarian informasi, dari 203 responden, mayoritas mencari informasi tentang pengembangan jabatan fungsional yaitu sebanyak 112 responden atau 54,9%, diikuti dengan pencarian informasi tentang pendidikan sebanyak 33 responden atau 16,18%, informasi tentang lainnya sebanyak 30 responden atau 14,71%, informasi tentang pemantauan kinerja sebanyak 12 responden atau 5.88%, informasi tentang pengembangan jabatan fungsional sebanyak 10 responden atau 4,9% dan sisanya informasi tentang penilaian kompetensi sebanyak 7 responden atau 3,43% dari keseluruhan jumlah responden.

                                                                          

Grafik 7. Frekuensi Kunjungan ke Website BPSDM


Mengenai frekuensi kunjungan ke Website BPSDM, dari 203 responden, sebanyak 49 responden atau 31,21% pernah mengakses website BPSDM sebanyak 2 sampai 4 kali, 46 responden atau 29,3% pernah mengakses sebanyak kurang dari 2 kali, 40 responden atau 25,48% pernah mengakses sebanyak lebih dari 8 kali, dan sisanya 22 responden atau 14,01% pernah mengakses website BPSDM 5 sampai 6 kali.


                 

Grafik 8. Perangkat untuk Mengakses Website BPSDM


Perangkat yang digunakan responden untuk mengakses website BPSDM adalah smartphone atau tablet, yaitu sebanyak 170 responden atau 83,33%, sedangkan sisanya sebanyak 34 responden atau 16,67% menggunakan PC.

c) Tingkat kepuasan pengguna Website BPSDM

    Survey terhadap tingkat kepuasan pengguna Website BPSDM terdiri dari 5 (lima) indikator, yaitu content, timeliness, accuracy, format, dan ease of use. Content atau konten terkait dengan penyediaan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan penyediaan informasi secara lengkap. Timeliness terkait dengan kecepatan waktu pelayanan dan penyajian informasi terkini. Accuracy terkait dengan penyediaan informasi yang sesuai dengan program pengembangan sumber daya manusia di Kementerian PUPR. Format terkait dengan penyajian fitur secara interaktif, terstruktur, dan menarik. Ease of use terkait dengan kemudahan dalam mempelajari, menggunakan, dan mengakses website. Hasil survey dapat dilihat pada grafik di bawah ini:


Grafik 9. Hasil Survey Kepuasan Pengguna Website BPSDM Per Indikator


Berdasarkan grafik di atas, diperoleh hasil bahwa mayoritas responden yang mengisi Survey Kepuasan Pengguna Website BPSDM merasa sangat puas terhadap konten, keakuratan, format, dan kemudahan dalam menggunakan website BPSDM. Sedangkan untuk kategori timeliness mayoritas responden merasa puas terhadap kecepatan pelayanan dan penyajian informasi terkini yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia di Kementerian PUPR.

Adapun untuk tingkat kepuasan pengguna website BPSDM secara menyeluruh dapat dilihat pada grafik berikut:



Grafik 10. Tingkat Kepuasan Pengguna Website BPSDM


Berdasarkan hasil survey, sebanyak 77% dari responden yang mengisi Survey Kepuasan Pengguna Website BPSDM merasa sangat puas terhadap pelayanan informasi publik BPSDM yang tersaji melalui website BPSDM. Dengan hasil tersebut, ke depannya diharapkan pengelola website BPSDM dapat memberikan pelayanan yang semakin baik.