|

Sosialisasi Kebijakan Penyesuaian dan Sertifikasi Jafung Pengelola Pengadaan BarJas

Sosialisasi Kebijakan Penyesuaian/Inpassing dan Sertifikasi Jafung Pengelola Pengadaan Barang/Jasa di laksanakan pada Selasa s.d. Rabu, 13 s.d. 14 Maret 2018 di Hotel Manhattan, Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan seluruh Kementerian/Lembaga dan BKD seluruh Indonesia. Kegiatan ini di Pimpin oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah RI.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada Selasa, 13 Maret 2018 pukul 09.00 WIB, dan ditutup Rabu, 14 Maret 2018 pukul 17.00 WIB oleh Direktur Sertifikasi Profesi, LKPP. Pokok-pokok materi yang dibahas adalah sebagai berikut:

  1. Inpassing Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa

  1. Pokja pemilihan/Pejabat Pengadaan wajib dijabat oleh Pejabat Fungsional Pengelola Barang/Jasa paling lambat Tanggal 31 Desember 2020.

  2. PPK/Pokja Pemilihan/Pejabat Pengadaan yang dijabat oleh ASN/TNI/Polri wajib memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa paling lambat 31 Desember 2023.

  3. Persyaratan Inpassing Jafung Pengelola Pengadaan Barang/Jasa diantaranya adalah PNS yang telah dan masih menjalankan tugas di bidang PBJ paling kurang 2 tahun sebagai Kuasa Penggunga Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)/Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP), atau Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) berdasarkan keputusan Pejabat yang berwenang, Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator dan Pengawas yang memiliki kesesuaian antara jabatan terakhir yang pernah diduduki dengan JF PPBJBerijazah paling rendah S-1/D-IV segala jurusanPangkat paling rendah Penata Muda, Gol. Ruang III/aNilai prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhirMaksimal berusia 55 Tahun untuk Pelaksana, 56 Tahun untuk Pejabat Administrator dan Pengawas, 57 Tahun untuk Administrator yang akan menduduki Jafung Jenjang Madya, 59 Tahun bagi Pejabat Pimpinan Tinggi, Nilai prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhirTidak sedang menjalani hukuman, tugas belajar, dan cuti di luar tanggungan negaraMemiliki sertifikat keahlian tingkat dasar Pengadaan Barang/JasaBerpengalaman bekerja di bidang Pengadaan Barang/Jasa Minimal 2 TahunMengikuti dan Lulus Uji Kompetensi

  4. Tata cara Penyusunan Formasi Jafung Pengelola Pengelola Pengadaan Barang/Jasa adalah sebagai berikut yaitu Analisis kebutuhan pegawai sesuai dengan jabatan yang tersedia berdasarkan jenis pekerjaan yang terdiri dari berbagai unsur dan sub unsur kegiatan yang harus dilakukan oleh Pejabat Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa untuk melaksanakan kegiatan perencanaan pengadaan, pemilihan penyedia, manajemen kontrak, dan manajemen informasi aset, Jumlah Satker/SKPD yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab melakukan kegiatan pengelolaan anggaran dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi, Jumlah unit organisasi yang memberikan layanan Pengadaan Barang/Jasa di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi, Jumlah paket yang dilaksanakan, Nilai pekerjaan, Kompleksitas Pekerjaan, Jumlah pekerjaan dan/atau personil yang dapat dijangkau untuk dikendalikan dalam rangka mencapai hasil kerja yang optimal, Analisis beban kerja dan perkiraan kapasitas seorang Pejabat Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa dalam jangka waktu tertentu;

  5. Perhitungan Formasi Jafung pada ULP dengan rumus sebagai berikut:

Formasi Jafung = S Waktu Penyelesaian 1 Tahun

                             S Jam Kerja Efektif per Tahun

  • Analisis Beban Kerja sebagai berikut yaitu Unit Layanan Pengadaan (ULP)/Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ)Perencanaan Pengadaan didasarkan pada Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket pengadaan barang, Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi (PK)/Jasa Lainnya (JL) di atas Rp. 200 Juta (selain e-purchasing), Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket Pengadaan Jasa Konsultasi di atas Rp 50 Juta (selain e-purchasing), Unit Kerja / Organisasi Perangkat Daerah (OPD)Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket Pengadaan Barang, Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket Pengadaan Barang/PK/JL di bawah Rp 200 Juta (selain e-purchasing), Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket Pengadaan JK di bawah Rp 50 Juta (selain e-purchasing), Pemilihan Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket Pengadaan Barang/Jasa melalui e-purchasing, Kontrak Pengadaan Barang/Jasa yang dilakukan untuk seluruh paket Pengadaan Barang/Jasa, Informasi Aset Hasil Pengadaan Barang/Jasa (barang belanja modal dan aset tak berwujud misal software, aplikasi, hak paten/cipta/merek), Dokumen yang diperlukan dalam melakukan perhitungan Analisis Beban Kerja (ABK), antara lain, Jumlah Unit Kerja/OPD yang dilayaniDaftar Isian Pelaksanaan Anggaran pada Unit Kerja; Kementerian/Lembaga/Institusi atau Daftar Pelaksanaan Anggaran pada OPD, Data jumlah paket pekerjaan di Unit Layanan Pengadaan yang tertuang di dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP), Dokumen di atas ialah dokumen selama 3 (tiga) tahun terakhir sehingga diperoleh jumlah rata-rata kegiatan yang dilaksanakan dalam 1 (satu) tahun.

  • Portofolio Usulan InpassingPortofolio merupakan salah satu bukti bahwa yang bersangkutan telah menguasai suatu unit kompetensiBukti diperoleh melalui Pendidikan dan Pelatihan: Sertifikat/Dokumen hasil kerja pelatihan kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Pengadaan Barang/Jasa, Pengalaman: Dokumen hasil pekerjaan dan/atau pengakuan pihak ketiga (surat tugas/surat rekomendasi)Surat Keputusan (SK) kewenangan dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Uji Kompetensi Inpassing terdiri dari Verifikasi Portofolio menilai kesesuaian hasil pekerjaan yang disertai SK/Surat Tugas dari pejabat yang berwenangBukti Portofolio harus sesuai dengan persyaratan minimal unit kompetensiTes Tertulis Berisi soal pilihan ganda menggunakan media komputer dengan jumlah soal sebanyak 75 dengan Nilai Ambang Batas: Jenjang Pertama 186, Jenjang Muda (198), Jenjang Madya (212). Pendaftaran Inpassing dapat melalui website ppsdm.lkpp.go.id.

 

  1. Sertifikasi Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa

  1. Kompetensi terdiri dari Knowledge, kemampuan memahami, menganalisa, dan mengintegrasikan fakta dan informasi yang berkaitan dengan aspek teknis pekerjaan. Skill, kemampuan melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur dan kinerja yang ditetapkan secara akurat, konsisten, dan ekonomis. Attitude, kemampuan untuk menampilkan sikap dan tingkah laku yang impresif terhadap orang lain/pelanggan dalam melaksanakan tugasnya.

  2. Persyaratan Uji Kompetensi dengan Portofolio yang merupakan salah satu bukti bahwa yang bersangkutan telah menguasai suatu unit kompetensiBukti diperoleh melalui, Pendidikan dan Pelatihan: Sertifikat/Dokumen hasil kerja pelatihan kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Pengadaan Barang/Jasa, Pengalaman: Dokumen hasil pekerjaan dan/atau pengakuan pihak ketiga (surat tugas/surat rekomendasi)Surat Keputusan (SK) kewenangan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

  3. Unit Kompetensi yang diujikan berdasarkan SKKNI Pengadaan Barang/Jasa, Jumlah Unit Kompetensi yang harus dikuasai, PPK  dengan 15 Unit KompetensiPokja ULP dengan 11 Unit KompetensiPejabat Pengadaan dengan 9 Unit Kompetensi dan PPHP dengan 3 Unit KompetensiMetode Uji Kompetensi yaitu  melalui Portofolio dan Wawancara, Tes TertulisTes Lisan, Simulasi

  4. Proses Sertifikasi dimulai denganInstansi mengirimkan surat usulan peserta Uji Kompetensi, LSP LKPP memverifikasi data dan penentuan lokasi dan tanggal Uji Kompetensi, Pemohon mengirimkan bukti persyaratan Uji Kompetensi, LSP LKPP memverifikasi kelengkapan berkas, Assesor memverifikasi portofolio dan menentukan jenis Uji Kompetensi, Pelaksanaan Uji Kompetensi, Keputusan Sertifikasi, Sertifikat Kompetensi Pengadaan Barang/Jasa.

    Belum ada foto untuk berita pada halaman ini.

Awal Kembali 1 Lanjut Akhir

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook