17-Sep-21 |

F.A.Q (Frequently Asked Questions) BPSDM

Home > FAQ> PPID

Detail F.A.Q

Apa itu BPSDM Kementerian PUPR ?

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) adalah sebuah Badan / institusi yang dipimpin eselon I yang bertugas mengembangkan Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian PUPR.


Apa itu Sekretariat BPSDM ?

Sekretariat BPSDM adalah sebuah institusi di bawah BPSDM yang dipimpin eselon II dan bertugas melaksanakan mendukung terlaksananya urusan kesekretariatan Badan Pengembangan SDM Kementerian PUPR.


Apa itu Pusat Pengembangan Talenta ?

Pusat Pengembangan Talenta adalah sebuah institusi di bawah BPSDM yang dipimpin Eselon II dan bertugas melaksanakan Penilaian Kompetensi, Pemantauan Kinerja dan Karir ASN Kementerian PUPR.


Apa itu Pusat Pengembangan Kompetensi ?

Pusat Pengembangan Kompetensi (disingkat Pusbangkom) adalah sebuah institusi di bawah BPSDM yang dipimpin Eselon II, dan bertugas mempersiapkan kebijakan, program, materi, pengajar, sertifikasi kompetensi pengembangan ASN Kementerian PUPR.


Apa itu Politeknik Pekerjaan Umum ?

Politeknik PU adalah sebuah institusi perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pekerjaan umum.


Apa itu Bapekom Kementerian PUPR ?

Bapekom (disingkat Bapekom) adalah sebuah institusi di bawah BPSDM yang dipimpin eselon III dan bertugas melaksanakan penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Aparatur Sipil Negara dalam rangka mendukung pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR. Saat ini ada 9 bapekom yakni :

  1. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah I Medan
  2. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah II Palembang
  3. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah III Jakarta
  4. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah IV Bandung
  5. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah V Yogyakarta
  6. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah VI Surabaya
  7. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah VII Banjarmasin
  8. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah VIII Makassar
  9. Bapekom Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Wilayah IX Jayapura


Apa itu Balai Penilaian Kompetensi Kementerian PUPR ?

Balai Penilaian Kompetensi adalah sebuah institusi dibawah Pusat Pengembangan Talenta BPSDM Kementerian PUPR yang dipimpin eselon III dan bertugas melaksanakan penyelenggaraan kegiatan Penilaian Kompetensi (assessment) Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR.


Kegiatan apa saja yang dilaksanakan BPSDM Kementerian PUPR ?

BPSDM Kementerian PUPR melaksanakan penyusunan kebijakan, rencana program, evaluasi, Manajemen Talenta, Pengembangan Kompetensi dan Pendidikan SDM Bidang PUPR.

Bagaimana cara mengikuti Pelatihan BPSDM Kementerian PUPR ?

Mendaftarkan diri melalui pendaftaran online pelatihan website BPSDM Kementerian PUPR (https://bpsdm.pu.go.id/diklat) atau usulan unit pengutus dari masing-masing Instansi Kementerian PUPR.


Bagaimana cara mengetahui jadwal kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan BPSDM Kementerian PUPR ?

Jadwal kegiatan Pelatihan Kementerian PUPR dapat diakses di website BPSDM dengan alamat https://bpsdm.pu.go.id/diklat


Apa saja persyaratan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Bapekom BPSDM Kementerian PUPR ?

Persyaratan umum mengikuti Pelatihan adalah ASN Kementerian PUPR, selanjutnya untuk Pelatihan khusus persyaratannya mengikuti bidang Pelatihan yang ditentukan.


Apakah kegiatan Pelatihan boleh diikuti dari luar instansi Kementerian PUPR ?

Boleh pada Pelatihan tertentu dengan syarat dan kriteria tertentu, sepanjang berstatus sebagai ASN


Pelatihan apa saja yang diselenggarakan Bapekom Kementerian PUPR ?

Pelatihan yang dilaksanakan Bapekom Kementerian PUPR mencakup berbagai bidang di Kementerian PUPR, seperti Pelatihan Bidang Sumber Daya Air, Konstruksi, Jalan Jembatan, Perumahan dan PIW, Bidang Teknis Manajemen serta Pelatihan Dasar dan Kepemimpinan.


Saya memiliki pertanyaan tentang Pelatihan Kementerian PUPR yang belum terjawab. Kemana saya bisa bertanya ?

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Hukum Kerjasama dan Komunikasi Publik BPSDM Kementerian PUPR, Jl. Pattimura No.20 Kebayoran Baru Gedung Heritage Lantai 2. Telp. (021) 27515842


Apa itu Beasiswa Pendidikan Kementerian PUPR ?

Beasiswa Pendidikan Kementerian PUPR adalah program pendidikan kedinasan yang diberikan pada PNS Kementerian PUPR dan dikelola oleh Bagian Hukum, Kerjasama dan Kompu Sekretariat BPSDM Kementerian PUPR sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR.


Bagaimana mekanisme pendaftaran program beasiswa Beasiswa Program Pendidikan Magister Super Spesialis ?


Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian PUPR

  1. Pendaftaran dilakukan secara online di bpsdm.pu.go.id setelah mendapatkan penugasan dari Sekretaris Unit Organisasi atau Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala

  2. Pendaftaran dilakukan dengan mengunduh dan mengisi formulir pendaftaran beasiswa yang telah disediakan serta melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan untuk selanjutnya di upload di bpsdm.pu.go.id

  3. Setiap kandidat ditugaskan pada program studi yang sesuai dengan latar belakang Pendidikan dan kebutuhan unit kerja masing-masing dan tidak dapat diubah setelah mendaftar;

  4. Berkas Pendaftaran/Dokumen Pendukung yang dipersyaratkan untuk diupload adalah sebagai berikut:
    1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Kedinasan dan Vokasi;
    2. Surat usulan dari Pejabat Pembina Kepegawaian tingkat Eselon II yang disahkan oleh Kepala Biro/Sekretaris Unit Organisasi (Ditjen/Itjen/Badan) Kementerian PUPR dan ditujukan kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR;
    3. Daftar Riwayat Hidup;
    4. Copy SK Pengangkatan PNS atau SK pengangkatan terakhir;
    5. Copy Ijazah dan Transkrip;
    6. Copy sertifikat kemampuan Bahasa Inggris
    7. Copy Sertifikat Tes Potensi Akademis
    8. Copy SKP;
    9. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (minimal setingkat RSUD);
    10. Formulir Surat Pernyataan tidak sedang terikat dan/atau mengikuti seleksi beasiswa dari instansi lain (terlampir);
    11. Formulir Surat Persetujuan Atasan (terlampir);
    12. Formulir Surat Kesediaan Ikut Pendidikan (terlampir);
    13. Surat Pernyataan Melampirkan Dokumen Asli (terlampir).
    14. Sertifikat TPA dan TOEFL yang masih berlaku (bagi yang telah memiliki)

  5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (minimal setingkat RSUD), sertifikat TPA dan TOEFL asli dan masih berlaku disampaikan (hard copy) kepada panitia


Pegawai BUMN

  1. Pendaftaran dilakukan secara online di bpsdm.pu.go.id setelah mendapatkan penugasan dari BUMN masing-masing;

  2. Pendaftaran dilakukan meng-upload dokumen persyaratan di bpsdm.pu.go.id;

  3. Setiap kandidat ditugaskan pada program studi yang sesuai dengan latar belakang Pendidikan dan kebutuhan unit kerja masing-masing dan tidak dapat diubah setelah submit;

  4. Berkas Pendaftaran/Dokumen Pendukung yang dipersyaratkan untuk diupload adalah sebagai berikut:
    1. Surat usulan dari BUMN;
    2. Surat Keterangan Pengangkatan sebagai pegawai BUMN;
    3. Formulir Pendaftaran beasiswa;
    4. Formulir Surat Persetujuan Atasan (terlampir);
    5. Formulir Surat Kesediaan Ikut Pendidikan (terlampir);
    6. Surat Pernyataan Melampirkan Dokumen Asli (terlampir);
    7. Daftar Riwayat Hidup;
    8. Copy Ijazah dan Transkrip;
    9. Copy sertifikat kemampuan Bahasa Inggris (bagi yang telah memiliki);
    10. Copy Sertifikat Tes Potensi Akademis (bagi yang telah memiliki)
    11. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (minimal setingkat RSUD);
    12. Surat Pernyataan komitmen mengikuti pendidikan.

Berkas pendaftaran diupload (format pdf) melalui website https://bpsdm.pu.go.id (link pendaftaran akan dibuka pada saat jadwal pendaftaran online).


Apa saja persyaratan mengikuti beasiswa Beasiswa Program Pendidikan Magister Super Spesialis ?

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian PUPR

  1. Berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian PUPR dengan masa kerja minimum 1 (satu) tahun terhitung sejak diangkat PNS dengan mempertimbangkan pengalaman kerja di bidang yang sesuai;
  2. Diusulkan oleh Sekretaris unit organisasi atau Kepala Biro di lingkungan Sekretariat Jenderal dengan format daftar usulan sebagaimana lampiran 2;
  3. Tidak dalam keadaan sedang diproses dan atau menjalani hukuman disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  4. Sehat jasmani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah minimal dari RSUD atau setingkat;
  5. Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (SKP) tahun terakhir rata-rata bernilai “Baik”;
  6. Status Pelamar tidak sedang terikat dan atau mengikuti seleksi beasiswa dari instansi lain maupun sedang/telah menjalani Pendidikan sejenis dengan anggaran sendiri;
  7. Batas usia maksimal 37 tahun;
  8. Golongan minimum III/a;
  9. Latar belakang pendidikan S1 (atau D4, untuk beberapa program studi) dari perguruan tinggi yang terakreditasi, minimal B;
  10. Lulus Tes Masuk yang akan diselenggarakan oleh BPSDM dan program Studi.


Pegawai BUMN

  1. Berstatus pegawai tetap di BUMN dan berpengalaman
  2. Sehat jasmani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah minimal dari RSUD atau setingkat;
  3. Berkinerja baik;
  4. Status Pelamar tidak sedang terikat dan atau mengikuti seleksi beasiswa dari instansi lain maupun sedang/telah menjalani Pendidikan sejenis dengan anggaran sendiri;
  5. Batas usia maksimal 37 tahun;
  6. Latar belakang pendidikan S1 (atau D4, untuk beberapa program studi) dari perguruan tinggi yang terakreditasi, minimal B;
  7. Lulus Tes Masuk yang akan diselenggarakan oleh BPSDM dan program Studi


Saya memiliki pertanyaan tentang Beasiswa Kementerian PUPR yang belum terjawab. Kemana saya bisa bertanya?

Bisa melalui Bagian Hukum, Kerjasama dan Komunikasi Publik, Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Gd. Heritage Lt. 2 Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru – Jakarta Selatan Nomor Telepon/Faksimili (021) 27515704.

Apa yang dimaksud dengan Penilaian Potensi dan Kompetensi ?

Penilaian Kompetensi adalah suatu proses membandingkan antara kompetensi jabatan yang dipersyaratkan dengan kompetensi yang dimiliki oleh pemegang jabatan atau calon pemegang jabatan


Apa tujuan mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi ?

Tujuan penilaian potensi dan kompetensi adalah untuk mengetahui profil kompetensi ASN, apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi jabatannya atau belum. Apabila didapati bahwa ASN tersebut belum memenuhi standar maka kepadanya dapat diberikan pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan kompetensinya. Apabila sudah memenuhi atau bahkan melebihi standar maka dirinya dapat dipertimbangkan untuk promosi. Selain itu, hasil penilaian potensi dan kompetensi ini bersama hasil pengukuran kinerja ASN dipergunakan untuk menentukan posisi ASN dalam matriks talenta Kementerian PUPR.


Apa manfaat bagi saya jika mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi ?

  1. ASN dapat mengetahui apakah dirinya sudah memenuhi standar kompetensi jabatan yang saat ini diembannya.
  2. ASN dapat mengetahui pengembangan kompetensi apa yang sebaiknya diikutinya.


Bagaimana cara mendapatkan hasil Penilaian Potensi dan Kompetensi ?

Dengan mengikuti kegiatan coaching clinic


Saya sudah pernah mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi mengapa masih dipanggil lagi ?

Hasil Penilaian Potensi dan Kompetensi berlaku 3 tahun saja sehingga perlu dilakukan pengukuran kembali


Apakah setelah mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi saya akan mendapatkan sertifikat ?

Penilaian Potensi dan Kompetensi ini bukan merupakan kegiatan sertifikasi


Apakah setelah mengikuti Penilaian Potensi dan Kompetensi perpindahan dan kenaikan jenjang jafung apakah akan langsung mendapatkan hasilnya ?

Hasilnya akan disampaikan ke masing-masing Direktorat pembina jabatan fungsional


Apa itu SEMEN PUPR ?

SEMEN PUPR merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Balai Penilaian Kompetensi yang digunakan untuk melakukan penilaian potensi dan kompetensi secara online. Data yg terdapat dalam SEMEN PUPR telah terintegrasi dengan aplikasi DRH Online. Dalam SEMEN PUPR berisi rangkaian kegiatan Asesmen yang akan dilakukan oleh para peserta. Dimulai dr pembukaan, pengerjaan Tes Potensi, simulasi kasus hingga wawancara.


Untuk melakukan pengaduan jika ada ketidaksesuaian dalam pelaksanaan Assement kemana?

Bisa ke web kami https://bpsdm.pu.go.id/kompetensi

Apakah yang dimaksud dengan Penilaian Prestasi Kerja ?

Penilaian Prestasi Kerja adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Perilaku Kerja PNS.


Apakah yang dimaksud dengan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) ?

Sasaran Kinerja Pegawai yang selanjutnya disingkat SKP adalah rencana kinerja dan target yang harus dicapai seorang PNS setiap tahun. SKP disusun dan disepakati bersama antara pegawai dengan atasan langsungnya.


Apakah yang dimaksud dengan Penilaian SKP ?

Penilaian SKP adalah proses penilaian terhadap capaian hasil kerja pegawai yang dibandingkan dengan target kinerja yang sudah ditetapkan oleh seorang PNS, dan diukur berdasarkan aspek kuantitas, kualitas, waktu dan biaya.


Apakah yang dimaksud dengan Perilaku Kerja ?

Perilaku kerja adalah setiap tingkah laku, sikap atau tindakan seorang PNS dalam bekerja, yang meliputi beberapa aspek, yaitu: integritas, orientasi pelayanan, komitmen, disiplin, kerja sama, dan kepemimpinan.


Siapakah yang wajib menyusun SKP ?

SKP wajib disusun oleh seluruh PNS Republik Indonesia


Bagaimanakah cara menyusun SKP ?

SKP disusun berdasarkan Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja Tahunan (RKT) serta Tugas dan Fungsi unit kerja dimana PNS tersebut berada.


Kapankah waktu penyusunan SKP dan penilaian prestasi kerja ?

  1. Januari (awal tahun) untuk penyusunan
  2. Desember (akhir tahun) untuk penilaian prestasi kerja (SKP dan perilaku kerja)

Sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2021, pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja PNS pada tahun 2021 ini dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun. Periode Januari-Januari dilakukan penilaian berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 dan Peraturan Kepala BKN No. 1 Tahun 2013. Adapun untuk periode Juli-Desember dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2019 dan Peraturan MENPANRB No. 8 Tahun 2021.


Bagaimanakah atasan mengawal pencapaian target SKP ?

  1. Melakukan penilaian hasil kerja bulanan melalui aplikasi e-LKP
  2. Melakukan dialog kinerja dengan bawahan langsung untuk menentukan strategi pencapaian target SKP
  3. Melakukan penilaian di pertengahan tahun (Semesteran)
  4. Membagi target SKP menjadi beberapa semester (Semester I dan II)
  5. Menilai pencapaian per semester tersebut
  6. Hasil penilaian semesteran ini menjadi bahan penilaian di akhir tahun.


Bagaimana atasan mengisikan penilaian SKP bawahannya ?

  1. Dengan mengisikan hasil pencapaian kerja bawahan, berdasarkan kuantitas, kualitas dan waktu pencapaian.
  2. Meminta bukti-bukti/dokumen hasil pekerjaan
  3. Memberi nilai pencapaian


Apa manfaat dari SKP ?

- Bagi PNS yang bersangkutan:

  1. Sebagai dasar PNS tersebut untuk dapat mengatur waktunya dalam bekerja selama 1 tahun (apa yg dikerjakannya lebih jelas dan terukur)
  2. Sebagai sarana untuk menunjukkan prestasi dirinya
  3. Data kinerja merupakan salah satu dasar pemetaan karir pegawai, yang akan digunakan dalam menentukan pengembangan terhadap pegawai.

- Bagi Pejabat Penilai (Atasan langsung):

  1. Sebagai dasar dalam melihat kontribusi bawahan dalam pencapaian target kinerjanya.
  2. Sebagai dasar dalam pemberian reward dan punishment terhadap bawahannya.
  3. Sebagai dasar untuk melakukan penilaian terhadap bawahannya
  4. Sebagai alat kontrol untuk melihat sejauhmana progres suatu kegiatan sudah dikerjakan

- Bagi Organisasi

  1. Alat untuk mengukur kontribusi pegawai terhadap pencapaian target kinerja organisasi
  2. Dasar pemberian reward dan punishment terhadap pegawai.
  3. Dasar pengembangan karir pegawai
  4. Sebagai salah satu indikator kinerja organisasi
  5. Sebagai salah satu alat bagi organisasi untuk menilai kinerja individunya


Bagaimana cara mengisi SKP ?

SKP diisi sesuai rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS dalam setahun yang disusun dan disepakati bersama berdasarkan pembagian tugas secara berjenjang oleh atasan kepada bawahan.


Mengapa harus mengisi SKP ?

SKP harus diisi karena :

  1. Merupakan kewajiban setiap PNS
  2. Merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat
  3. Hasil Penilaian SKP akan menjadi dasar perhitungan tunjangan kinerja PNS
  4. Hasil Penilaian SKP akan menjadi dasar evaluasi untuk kebijakan pengembangan pegawai di Kementerian PUPR


Saya memiliki pertanyaan tentang SKP Kementerian PUPR yang belum terjawab. Kemana saya bisa bertanya ?

Bidang Pemetaan Karir, Pusat Pengembangan Talenta, BPSDM

Jln. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru-Jakarta Selatan 12110.

Telp/Fax : 021-27515847


Apakah Manajemen Talenta ?

Merupakan suatu progres pengelolaan pegawai bertalenta (high potential/high flyer/talent pool) melalui proses identifikasi, pemilihan/seleksi, rencana pengembangan karier sampai dengan evaluasi kesiapan dari talenta sehingga diperoleh pegawai yang memiliki potensi tinggi dan siap menjadi suksesor untuk mengisi jabatan saat ini dan menjadi calon pimpinan tinggi dimasa yang akan datang.


Apakah Telenta Pool ?

Talenta poll adalah kelompok pegawai yang berpotensi tinggi dan telah lolos dari kerangkaian tahapan seleksi yang telah di tetapkan untuk disiapkan menempati posisi-posisi utama dalam organisasi.


Apakah Matriks Talenta ?

Matriks Talenta adalah peta karier yang berisi profil pagawai berdasarkan hasil penilaiaan potensi,kompetensi dan evaluasi kinerja yang terdiri dari 9(sembilan)kotak.


Apakah Manfaat/Nilai Lebih Mengikuti Program Manajemen Talenta ?

Dengan mengikuti program manajemen talenta, pegawai akan mendapatkan penugasan-penugasan khusus serta mendapatkan pemantauan lebih intertif sehingga rencana dan kegiatan pengembangan karier dapat ditempuh secara lebih cepat oleh seseorang pegawai.


Siapa yang berhak mengikuti Manajemen Talenta ?

Peserta dari manajemen talenta adalah pegawai yang berada dalam kotak 9(sembilan) pada matriks talenta, memenuhi kriteria serta lolos seleksi talenta.


Bagaimana Cara Mengikuti Program Manajemen Talenta ?

Program pencarian talenta akan secara berkala diproses berdasarkan hasil pemetaan terhadap profil potensi, kompetensi dan kinerja pegawai, oleh karena itu pastikan anda mengukuti proses penilaian potensi dan kompetensi (assesmen)sesuai jadwal yang telah ditetapkan, serta pastikan anda memiliki kinerja dan track record yang baik.


Apakah Coaching ?

Merupakan proses mengajarkan, membimbing, memberikan instruksi kepada pegawai yang memiliki kompetensi yang belum memenuhi persyaratan sehingga.


Apakah Mentoring ?

Merupakan proses pembinaan dan pengarahan pegawai oleh mentor yang dilakukan secara terus menerus dalam rangka mencapai sasaran pegawai dengan mempertimbangkan kebutuhan organisasi.


Apakah Konseling ?

Merupakan proses pembinaan dan pengarahan kepada pegawai yang memiliki hambatan internal maupun eksternal dalam melaksanakan pekerjaan, yang tidak dapat diselesaikan melalui proses coaching maupun mentoring.

Apa itu Politeknik Pekerjaan Umum (PU) ?

Politeknik PU adalah sebuah institusi perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pekerjaan umum di bawah Kementerian PUPR.


Program studi apa saja yang ditawarkan di Politeknik Pekerjaan Umum ?

Politeknik menawarkan program studi D3 bidang:

  1. Teknologi Konstruksi Bangunan Air
  2. Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan
  3. Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung


Bagaimana cara saya memperoleh informasi mengenai kapasitas dan keketatan program studi yang ditawarkan Politeknik Pekerjaan Umum ?

Kapasitas mahasiswa per program studi di Politeknik Pekerjaan Umum adalah 50 mahasiswa. Sehingga total mahasiswa yang diterima tiap tahun akademik adalah 150 mahasiswa.


Apakah Politeknik Pekerjaan Umum merupakan sekolah kedinasan ?

Politeknik Pekerjaan Umum bukan sekolah kedinasan.


Siapa saja yang dapat mendaftar di Politeknik Pekerjaan Umum ?

Calon mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum adalah lulusan SMA/MA (IPA) atau SMK/MA Kejuruan dengan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti (Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan; Konstruksi Jalan, Irigasi dan Jembatan; Bisnis Konstruksi dan Properti; Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan). Lulusan Tahun Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru atau satu tahun sebelumnya.


Berapa tahun masa perkuliahan di Politeknik Pekerjaan Umum ?

Perkuliahan akan ditempuh selama 6 semester (3 tahun), menggunakan kurikulum yang sesuai SNPT (Standard Nasional Pendidikan Tinggi) ditambah program yang bersifat Link and Match dengan kebutuhan jasa konstruksi (40% teori, 60% praktek) serta didukung oleh tenaga pendidik yang profesional dibidangnya.


Apa saja sarana yang tersedia di Politeknik Pekerjaan Umum ?

  1. Asrama selama 2 semester (1 tahun pertama), berbayar;
  2. Lokasi Magang (mata kuliah pada semester 6) yang berada pada proyek proyek Kementerian PUPR/BUMN/Swasta terbaik;
  3. Kesempatan mengikuti Sertifikasi Keterampilan (SKT).


Apa saja mata kuliah yang terdapat di setiap prodi di Politeknik Pekerjaan Umum ?

Calon mahasiswa dapat melihat pada laman https://politeknikpu.ac.id pada bagian mahasiswa, lalu menuju ke bagian akademik untuk melihat mata kuliah yang tersedia di setiap program studi.


Apa saja Unit Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tersedia di Politeknik Pekerjaan Umum? Apakah mahasiswa wajib untuk mengikutinya ?

Di Politeknik Pekerjaan Umum, mahasiswa tidak hanya dibimbing secara akademik namun didorong untuk memiliki soft skill yang dapat menunjang. Peningkatan soft skill dapat dilakukan dengan kegiatan kemahasiswaan yang membutuhkan kemampuan leadership, manajemen diri, manajemen acara hingga kemampuan berkomunikasi. Untuk itu, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan co-kurikuler dan extra kurikuler.

A. Bidang Olah Raga :

  • Futsal
  • Volley
  • Gateball
  • Tenis Meja

B. Bidang seni antara lain:

  • Band
  • Vokal group atau Paduan Suara

Setiap bidang, di bimbing/dibina oleh Dosen/Personil yang mumpuni.


Bagaimana cara mendaftar menjadi calon mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum ?

Calon mahasiswa dapat mendaftar ke laman https://www.app.pmb.politeknikpu.ac.id dengan tanggal pendaftaran yang akan diumumkan pada website Politeknik Pekerjaan Umum, di https://www.politeknikpu.ac.id.


Apakah saya harus melakukan aktivasi akun di laman https://pmb.politeknikpu.ac.id setelah mendaftar ?

Ya. Calon mahasiswa harus melakukan aktivasi akun di laman https://app.pmb.politeknikpu.ac.id setelah mengisi formulir pendaftaran. Mohon agar calon mahasiswa menggunakan alamat e-mail yang aktif untuk melakukan aktivasi di laman tersebut.


Saya sudah melakukan aktivasi, namun belum memperoleh e-mail konfirmasi ?

Mohon memeriksa kotak SPAM/Junkmail di alamat e-mail yang calon mahasiswa gunakan. Ada kemungkinan e-mail konfirmasi tersebut masuk ke kotak SPAM/Junkmail.


Saya belum memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) Sementara/ Surat Tanda Lulus (STL) Sementara dari sekolah, bagaimana solusinya ?

Surat Keterangan Lulus (SKL) Sementara adalah dokumen wajib yang harus diunggah di laman https://app.pmb.politeknikpu.ac.id


Saya tidak memiliki KTP atau KTP hilang/ rusak. Apakah dapat digantikan dengan dokumen lain ?

Bisa, calon mahasiswa dapat mengunggah Akta Kelahiran.


Penulisan nama orang tua saya di Akta Kelahiran saya salah. Apa yang harus saya lakukan ?

Calon mahasiswa dapat melampirkan Surat Keterangan Perbaikan Penulisan Nama Orang Tua dari Kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, bersama dengan hasil scan Akta Kelahiran.


Penulisan nama dan tempat lahir saya di Akta Kelahiran saya salah. Apa yang harus saya lakukan ?

Calon mahasiswa dapat melampirkan Surat Keterangan Perbaikan Penulisan Tempat Lahir dari Kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, bersama dengan hasil scan Akta Kelahiran, atau memperbaiki Akta Kelahiran calon mahasiswa.


Saya belum menerima Rapor dari sekolah. Bagaimana solusinya ?

Scan format PDF Rapor asli merupakan salah satu syarat pendaftaran di Politeknik Pekerjaan Umum, sehingga calon mahasiswa baru dapat menanyakan ke pihak sekolah atau menunggu sampai rapor diterbitkan.


Bagian mana dari rapor yang harus saya unggah ?

Calon mahasiswa harus mengunggah hasil scan halaman rapor asli yang mencantumkan nilai akademik. Nilai yang diinput untuk kelas 10, 11 dan 12 adalah nilai pada semester 1 dan 2. Adapun nilai yang di input sebagai berikut:

  • Matematika : Kelompok A (Umum/Wajib/Muatan Nasional) Nilai Pengetahuan kelas 10, 11 dan 12;
  • Bahasa Indonesia : Kelompok A (Umum/Wajib/Muatan Nasional) Nilai Pengetahuan kelas 10, 11 dan 12;
  • Fisika : Kelompok C (Peminatan/Kejuruan), Nilai Pengetahuan kelas 10.


Apakah saya dapat mengunggah hasil scan dari salinan rapor yang telah dilegalisasi?

Tidak, calon mahasiswa harus mengunggah hasil scan dari rapor asli.


Saya belum menerima Ijazah dari sekolah. Bagaimana solusinya ?

Calon mahasiswa wajib mengunggah hasil scan Ijazah asli ke laman https://app.pmb.politeknikpu.ac.id


Apakah saya dapat mengunggah hasil scan dari salinan Ijazah yang telah dilegalisasi ?

Tidak, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil scan Ijazah asli ke laman https://app.pmb.politeknikpu.ac.id.


Saya merupakan pengidap buta warna. Apakah saya bisa menjadi mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum ?

Tidak bisa, salah satu syarat pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Pekerjaan Umum adalah surat keterangan tidak buta warna dengan Surat Keterangan tidak buta warna dari Rumah Sakit Pemerintah / Puskesmas.


Berapa besaran UKT Politeknik Pekerjaan Umum ?

Besarnya biaya pendidikan, Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp 6.000.000 (enam juta rupiah) per semester


Keluarga saya belum memiliki Kartu Keluarga, bagaimana solusinya ?

Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki Kartu Keluarga, agar segera mengurus Kartu Keluarga dan wajib mengunggah dokumen tersebut


Keluarga saya baru saja pindah rumah dan masih menunggu pembuatan Kartu Keluarga baru

Bagi calon mahasiswa yang masih mengurus Kartu Keluarga, wajib mengunggah dokumen tersebut pada laman https://app.pmb.politeknikpu.ac.id.


Saya tinggal bersama Paman, nama saya sehingga tidak tercantum di Kartu Keluarga orang tua saya. Kartu Keluarga mana yang harus saya unggah ?

Calon mahasiswa tetap mengunggah Kartu Keluarga orang tua calon mahasiswa.


Penanggung jawab biaya pendidikan saya adalah Ayah, namun beliau tidak tercantum di Kartu Keluarga saya. Bagaimana saya mengunggah Kartu Keluarga saya ?

Calon mahasiswa tetap mengunggah Kartu Keluarga yang mencantumkan nama calon mahasiswa.


Saya sudah selesai mengisi seluruh formulir dan mengunggah semua dokumen yang diperlukan. Apa langkah selanjutnya ?

Silakan calon mahasiswa melakukan finalisasi pendaftaran dengan cara menyetujui seluruh pernyataan/perjanjian sesuai dengan tampilan yang tertera, klik “review” untuk memastikan data sesuai dan dokumen pendukung sudah terunggah semua kemudian melakukan klik pada "Simpan/Cetak". Proses pendaftaran calon mahasiswa baru dinyatakan selesai setelah Calon mahasiswa melakukan finalisasi.

Apa saja tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru sampai diterima?

Terdapat tiga tahapan seleksi yang terdiri dari:

  1. Seleksi Administratif;
  2. Ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) secara online;
  3. Validasi Data Administrasi bagi yang dinyatakan lulus.

Apa saja materi yang diujikan dalam Seleksi Kemampuan Dasar?

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris

Saya masih memiliki banyak pertanyaan tentang Politeknik Pekerjaan Umum. Bagaimana cara saya menghubungi Politeknik Pekerjaan Umum?

Silahkan menghubungi salah satu alamat kontak berikut:

Politeknik Pekerjaan Umum

Jl. Prof.Soedharto, SH, Tembalang, Semarang

Instagram: @politeknikpu

Twitter: @politeknikpu

Facebook: Politeknik Pekerjaan Umum

Website: www.politeknikpu.ac.id