e-Pelatihan

Profil Pelatihan : Penyusunan Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit Teknik Penyehatan Lingkungan Tingkat Ahli
Profil Pelatihan
PraSyarat Pelatihan
Kurikulum
Jenis Pelatihan : F - Fungsional
Bidang Pelatihan : C - Fungsional Cipta Karya
Bidang Pekerjaan : 03 - Penyusunan Daftar Usulan Angka Kredit Teknik Tata Bangunan dan Perumahan
Jenis Kegiatan : 01 - Study dan Survey
Model Pelatihan : D - Pelatihan di Tempat
Nama Pelatihan : FC0301D - Penyusunan Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit Teknik Penyehatan Lingkungan Tingkat Ahli
Tahun Kurikulum : 2018
Syarat Peserta : A. Persyaratan umum calon Peserta Pendidikan dan Pelatihan fungsional meliputi: Diusulkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian tingkat Eselon II; Mempunyai dasar pendidikan dan/ atau memangku jabatan yang sesuai dengan pendidikan dan pelatihan aparatur yang akan diikuti; Tidak dalam keadaan sedang diproses dan atau menjalani hukuman disiplin Pegawai Negeri Sipil; Tidak sedang menjalani pemberhentian sementara sebagai Pegawai Negeri Sipil; Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter; dan Penilaian kinerja/pelaksanaan pekerjaan 1 (satu) tahun terakhir dengan nilai baik. B. Persyaratan khusus Diklat Fungsional 1. Calon Peserta dari Kementerian PUPR Peserta adalah aparatur Kementerian PUPR yang telah diangkat dalam jabatan fungsional Teknik Pengairan; Memenuhi persyaratan-persyaratan lain sesuai ketentuan. 2. Calon Peserta dari Instansi Pusat a. Pimpinan unit kerja yang membidangi jabatan fungsional mengajukan pencalonan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian; b. Pejabat Pembina Kepegawaian, mengajukan pencalonan kepada Kementerian PUPR c.q Kepala BPSDM, dengan tembusan Kepala Pusdiklatmanjafung; c. Unit kerja yang tugas dan fungsinya di bidang Diklat mengajukan daftar calon peserta kepada Pusdiklatmanjafung; dan d. Pusdiklatmanjafung melakukan seleksi adminstratif dan menempatkan calon peserta Diklat sesuai ketentuan. 3. Calon Peserta dari Provinsi a. Pimpinan unit kerja yang membidangi jabatan fungsional di tingkat Provinsi mengajukan pencalonan kepada Gubernur; b. Gubernur mengajukan pencalonan kepada Kementerian PUPR c.q Kepala BPSDM, dengan tembusan Kepala Pusdiklatmanjafung; c. Unit kerja yang tugas dan fungsinya di bidang Diklat mengajukan daftar calon peserta kepada Pusdiklatmanjafung; dan d. Pusdiklatmanjafung melakukan seleksi adminstratif dan menempatkan calon peserta Diklat sesuai ketentuan. 4. Calon Peserta dari Kabupaten/Kota a. Pimpinan unit kerja yang membidangi jabatan fungsional di tingkat Kabupaten/Kota mengajukan pencalonan kepada Bupati/Walikota; b. Bupati/Walikota mengajukan pencalonan kepada Kementerian PUPR c.q Kepala BPSDM, dengan tembusan Kepala Pusdiklatmanjafung; c. Unit kerja yang tugas dan fungsinya dibidang Diklat mengajukan daftar calon peserta kepada Pusdiklatmanjafung; dan d. Pusdiklatmanjafungmelakukan seleksi adminstratif dan menempatkan calon peserta Diklat sesuai ketentuan.
Syarat Pengajar : Kriteria untuk menjadi tenaga pengajar pada Diklat Fungsional Bidang PUPR adalah: - menguasai materi yang diajarkan; - terampil mengajar secara sistematik, efektif, dan efisien; - mampu menggunakan metode dan media yang relevan dengan tujuan pembelajaran umum dan tujuan pembelajaran khusus sesuai mata pendidikan dan pelatihan; - untuk pengajar mata kuliah Muatan Utama, harus pula memenuhi persyaratan sebagai berikut: a. berpendidikan sekurang-kurangnya S2; dan b. memiliki sertifikat mengajar Diklat Fungsional Bidang PUPR yang ditetapkan oleh Pusdiklat Menjafung.
Deskripsi : Pelatihan Penyusunan Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Teknik Pengairan tingkat ahli mencakup pembelajaran tentang membuat DUPAK.
Tujuan : meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan fungsional Bidang PUPR secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa; memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat; dan menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik
Keterangan : Diharapkan membawa: - Salinan Penetapan Angka Kredit (PAK) terakhir - Salinan SK PNS - Salinan SK Pangkat terakhir - Salinan Ijazah terakhir - Salinan SK Panitia beserta laporan kegiatan - Salinan SK Asistensi beserta laporan asistensi - Salinan Panitia Pengadaan beserta laporan panitia pengadaan (Rekomendasi) - Salinan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan atau Sertifikat yang pernah diikuti sebelumnya - Salinan tulisan hasil karya (Buku, Juknis, Juklak dan Karya Tulis) - Membawa komputer jinjing masing-masing
Komposisi Strategi Pelatihan
  - Komposisi Teori : tidak ada
  - Komposisi Diskusi : tidak ada
  - Komposisi Lapangan : tidak ada
  - Kategori : tidak ada

Manual Panduan

Anda bisa mengunduh pada tautan berikut ini. Manual Panduan admin