22-Jun-21 |
/ Berita / Wujudkan Pejabat Inti Satker Profesional Dan Berintegritas Melalui Pelatihan Pisk Bidang Perumahan

Wujudkan Pejabat Inti Satker Profesional dan Berintegritas Melalui Pelatihan PISK Bidang Perumahan

Kamis , 08 April 2021 75

Palembang, 8 April 2021 - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memegang peran besar dalam mencapai visi dan target strategis yang telah ditetapkan. Dalam Visium PUPR 2030 untuk bidang perumahan dan permukiman, target-target pembangunan ditargetkan 100% pencapaian hunian cerdas di wilayah perkotaan (urban smart living). Untuk mendukung target tersebut tentunya dibutuhkan peningkatan kompetensi bagi SDM terkait, salah satunya para Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK) bidang perumahan.


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah secara resmi telah menyelesaikan penyelenggaraan Pelatihan Teknis Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK) Bidang Perumahan, Rabu (7/4). Sebanyak 22 peserta dinyatakan lulus dalam pelatihan yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah II Palembang.


Kepala BPSDM PUPR, Sugiyartanto dalam sambutan penutup melalui konferensi video dari Jakarta, mengatakan pelatihan pejabat inti satuan kerja ini dilaksanakan untuk mewujudkan pejabat inti satuan kerja yang professional dan berintegritas, mengingat perannya yang sangat penting demi terwujudnya pembangunan infrstruktur yang andal dan berkualitas, disamping harus bertanggungjawab dalam mengorganisir seluruh kegiatan kesatkeran dengan baik dan tertib administrasi.


“Kinerja Kementerian ujungnya ada dikontribusi anda. Kemudian ke unit kerja, baru ke unit organisasi, dari unit organisasi ke unit institusi atau Kementerian. SPIP kita ada disitu.” Ungkap Sugiyartanto.


Sugiyartanto menambahkan pelatihan ini merupakan salah satu pelatihan yang disiapkan bagi para ASN di Lingkungan Direktorat Jenderal Perumahan untuk memenuhi standar kompetensi jabatan sesuai Peraturan Menteri PUPR No 7 tahun 2020, yang meliputi Perencanaan Teknis; Pengelolaan Aset; Pemantauan dan Evaluasi; Fasilitasi Penghunian dan Pengelolaan Rumah Susun/Rumah Khusus; dan Pemberian Bantuan Stimulan.


Dengan pelatihan ini diharapkan para peserta mampu melakukan analisis terhadap rencana teknis, pelaksanaan konstruksi, dan mekanisme pemantauan pelaksanaan kegiatan bidang perumahan. Hal ini dibutuhkan untuk mencapai sasaran kinerja yang tepat mutu, tepat waktu, tepat biaya dan akuntabel, sehingga tidak lagi terjadi lagi temuan–temuan, yang berulang dari pemeriksa/Auditor.


Untuk itu Sugiyartanto mengatakan pembelajaran pada pelatihan ini menjadi hal yang penting dan berpesan agar para peserta dapat memberikan kontribusi yang nyata di instansi asalnya, “Jangan hanya berhenti sampai setelah anda mendapat sertifikat. Sertifikat buat saya bukan ukuran tetapi profesi ASN sebagai profesional. Disinilah pentingnya anda semua.” Pesan Sugiyartanto.


Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan, M. Hidayat menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya dengan telah terselenggaranya Pelatihan Teknis Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK) Bidang Perumahan ini. ”Pelatihan ini adalah salah satu pendidikan yang kami tunggu-tunggu dan merupakan andalan kita kedepan untuk menghasilkan pejabat-pejabat PPK dan Satker maupun Pejabat Inti keproyekan yang berkualitas.” Ungkapnya. (Kompu BPSDM)



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi II Palembang

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()