28-Nov-22 |
/ Berita / Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang Pupr

Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR

Kamis, 24 November 2022 21
Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR

Kepala Badan BPSDM membuka Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR

Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR

Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR

Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR

Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR


Medan, 22 November 2022 – Pembinaan teknis SDM bidang PUPR di daerah merupakan hal yang penting dan strategis untuk mewujudkan infrastruktur PUPR yang handal. BPSDM melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan, Perumahan, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah menyelenggarakan Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I Medan Selasa (22/11).


Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Khalawi AH dalam sambutan pembukaannya mengatakan,” Sejalan dengan peraturan perundangan dan kebutuhan akan pengembangan kompetensi yang berkualitas, BPSDM PUPR memberikan dukungan melalui pembinaan Teknik dan penjaminan mutu program pelatihan sebagaimana telah ditetapkan dengan Keputusan Kepala LAN bahwa BPSDM Kementerian PUPR menjadi Instansi Pengakreditasi Diklat Teknis Bidang PUPR.”


“Selama ini BPSDM telah melakukan pembinaan teknis pengembangan SDM dengan mengikutsertakan ASN daerah dalam pelatihan pusat, pengiriman pengajar pada pelatihan yang dilakukan oleh daerah, dan kerjasama pelatihan dengan pembiayaan daerah. Namun hal ini dirasakan tidak memadai mengingat jumlah ASN yang harus dilatih sedemikian besar untuk memenuhi amanat UU disamping BPSDM juga mempunyai keterbatasan baik dari sisi kapasitas maupun pendanaan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan penguatan terhadap lembaga pelatihan pemerintah daerah agar mampu melaksanakan pelatihan terhadap pegawainya secara mandiri dengan kualitas yang memenuhi standar. Akreditasi Program Pelatihan merupakan salah satu bentuk penjaminan mutu terhadap kualitas penyelenggaraan pelatihan teknis bidang PUPR di daerah sebagai upaya mencetak SDM bidang PUPR yang kompeten dan profesional,"imbuh Khalawi AH.


Dalam rangka persiapan pelaksanaan akreditasi tersebut telah disusun  Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR , dimana perlu dilakukan uji publik terhadap Pedoman tersebut. Uji Publik akan dilakukan dibeberapa daerah  Medan adalah yang pertama  berikutnya akan dilakukan di Propinsi Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur, untuk memastikan bahwa Pedoman Akreditasi ini nantinya dapat operasional dan mampu dipenuhi oleh lembaga pelatihan daerah.


Pedoman ini dimaksudkan untuk standarisasi kualitas Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR yang dilakukan daerah. Sedangkan tujuan adanya Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR adalah;  Jaminan bahwa Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR sesuai dengan ketentuan;  Motivasi kepada Lembaga Penyelenggara Pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Pelatihan Teknis Bidang PUPR serta sebagai acuan dalam pelaksanaan Akreditasi Pelatihan Teknis Bidang PUPR.


Uji Publik Pedoman Akreditasi Program Pelatihan Teknis Bidang PUPR  di Medan  ini diikuti  35 orang peserta dari Dinas PU Kabupaten Kota Provinsi Sumatera Utara.


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi I Medan

KLIK DISINI ...


Halaman dibuat dalam waktu 1.776 detik.