|
/ Berita / Tingkatkan Kompetensi Bidang Anggaran Bpsdm Gelar Pelatihan Regular Dan Sertifikasi

Tingkatkan Kompetensi Bidang Anggaran, BPSDM Gelar Pelatihan Regular Dan Sertifikasi

Rabu , 15 Mei 2019 20

Ilustrasi Anggaran (Shutterstock/tss) / Gatra

Jayapura (15/05) - Untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di bidang Pelaksaaan Anggaran, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR menyelenggarkan Pelatihan Regular dan Pelatihan Sertifikasi.

Dalam kaitan itu BPSDM juga menjalin kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menerbitkan Sertifikat Elektronik dengan menggunakan tanda tangan elektronik. Hal itu sangat penting, karena diperlukan untuk standar kompetensi jabatan.


Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah IX Jayapura, Welly Wihardi, memberikan sambutan pembukaan Pelatihan Pelaksanaan Anggaran

Kapusdiklat SDA dan Konstruksi, dalam sambutan pembukaan pelatihan yang dibacakan oleh Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah IX Jayapura, Welly Wihardi, menjelaskan pelaksanaan anggaran, adalah tahap dimana sumber daya digunakan untuk melaksanakan kebijakan anggaran. Suatu hal yang mungkin terjadi, adalah anggaran yang disusun dengan baik tenyata tidak dilaksanakan dengan tepat. Namun tidak menutup kemungkinan anggaran yang tidak disusun dengan baik dapat diterapkan secara tepat. "Persiapan anggaran yang baik merupakan awal baik secara logis maupun kronologis. Walaupun demikian proses pelaksanaannya tidak menjadi sederhana, karena adanya mekanisme yang menjamin ketaatan pada program pendahuluan, bahkan dengan perkiraan yang baik sekalipun akan ada perubahan-perubahan tidak terduga dalam lingkungan ekonomi makro dalam tahun yang bersangkutan yang perlu diperlihatkan dalam anggaran. Tentu saja perubahan-perubahan tersebut harus disesuaikan dengan cara yang konsisten dengan tujuan kebijakan yang mendasar untuk menghindari terganggunya aktivitas Satker dan manajemen program/kegiatan," paparnya.

Pelaksanaan anggaran yang tepat tergantung pada banyak faktor yang di antaranya, adalah kemampuan untuk mengatasi perubahan dalam lingkungan ekonomi makro dan kemampuan satker untuk melaksanakannya. Pelaksanaan anggaran melibatkan lebih banyak orang daripada persiapannya dan mempertimbangkan umpan balik dari pengalaman yang sesungguhnya. Oleh karena itu pelaksanaan anggaran harus menjamin, bahwa anggaran akan dilaksanakan sesuai dengan wewenang yang diberikan, baik dalam aspek keuangan maupun kebijakan. Selain itu menyesuaikan pelaksanaan anggaran dengan perubahan signifikan dalam ekonomi makro, memutuskan adanya masalah yang muncul dalam pelaksanaannya, menangani pembelian dan penggunaan sumber daya secara efisien dan efektif.


Suasana Pelatihan Pelaksanaan Anggaran di Jayapura

Sistem pelaksanaan anggaran harus menjamin adanya ketaatan terhadap wewenang anggaran dan memiliki kemampuan untuk melakukan pengawasan dan pelaporan yang dapat langsung mengetahui adanya masalah pelaksanaan anggaran serta memberikan fleksibilitas bagi para manajer.

Peserta Pelatihan Regular dan Pelatihan Sertifikasi tersebut tidak hanya diperuntukan bagi ASN Kementerian PUPR, namun juga dapat diikuti oleh ASN Pemerintah Daerah maupun penyedia jasa yang akan mendukung pembangunan infrastruktur PUPR. (Tts)


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat IX Jayapura

KLIK DISINI ...



KOMENTAR ()