|
/ Berita / Siapkan Data Dukung Reformasi Birokrasi Bpsdm Pupr Selenggarakan Review Lke Rb

Siapkan Data Dukung Reformasi Birokrasi, BPSDM PUPR Selenggarakan Review LKE RB

Rabu , 17 Juli 2019 107

Jakarta (17/07) – Untuk mengindentifikasi kembali kelengkapan data pendukung sekaligus menyusun rencana aksi tindak lanjut Reformasi Birokrasi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) selenggarakan Review Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Reformasi Birokrasi.

Reformasi birokrasi di lingkungan BPSDM PUPR pada hakikatnya adalah melakukan perubahan dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, bersih dari perilaku korupsi kolusi dan nepotisme, serta mampu melayani publik secara akuntabel.

Pelaksanaan reformasi birokrasi dilakukan dalam upaya mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. Pelaksanaan reformasi birokrasi dilakukan terhadap delapan area perubahan Reformasi Birokrasi, sebagaimana ditetapkan dalam Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2010 – 2025.

“Saya yakin bahwa apa yang kita lakukan dalam Reformasi Birokrasi kita bisa membawa kinerja organisasi menjadi lebih baik dan sesungguhnya melaksanakan apa yang sudah kita lakukan dan sudah dievaluasi untuk dilakukan suatu perubahan. Saya yakin ini nanti suatu tahapan yang harus kita lalui, malah seharusnya kita beruntung punya guidence sehingga kita bisa melakukan tata kelola yang baik”. Ungkap Sekretaris BPSDM PUPR, K.M. Arsyad, saat membuka kegiatan Review LKE RB BPSDM, Rabu (17/07).

Arsyad juga menambahkan bahwa BPSDM PUPR sudah melalui tahapan-tahapan penilaian reformasi birokrasi, namun menurut Arsyad yang penting bukan hanya penilaian tapi pada pelaksanaannya, yang diharapkan bisa memenuhi agenda reformasi birokrasi di dalam delapan area perubahan, yakni Manajemen Perubahan, Penataan Peraturan Perundang-undangan, Penguatan Organisasi, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di BPSDM, telah dilakukan pengisian dan penilaian mandiri atas LKE RB BPSDM, dan telah di-submit secara online ke Kementerian PAN & RB. Dari hasil penilaian mandiri yang telah di-submit tersebut, BPSDM PUPR mengusulkan nilai sebesar 16,57 dari nilai maksimal yang bisa diperoleh sebesar 23,50. Terhadap nilai usulan BPSDM tersebut, masih terbuka kesempatan untuk melengkapi data – data pendukung yang diperlukan, sebelum dilakukan penilaian final oleh Kementerian PAN & RB.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini BPSDM PUPR berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan penilaian RB, dengan menyiapkan seluruh data pendukung sebagaimana tercantum dalam LKE RB dan melaksanakan seluruh tugas sesuai dengan tugas dan fungsi masing–masing, dalam rangka mendukung dan meningkatkan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian PUPR, khususnya di BPSDM PUPR.

Kegiatan Review LKE Reformasi Birokrasi dihadiri sebanyak 32 orang dari delapan Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi BPSDM PUPR ini menghadirkan narasumber Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur II, Kementerian PAN & RB, Nadimah serta Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Madya, Kementerian PAN & RB, Endang. (Datin)


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()