|
/ Berita / Selamat Datang Calon Pemimpin Perubahan

Selamat datang, calon pemimpin perubahan!

Kamis , 07 Febuari 2019 77

Kepala BPSDM sedang memberikan arahan terkait acara

Jakarta (06/02) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di awal tahun 2019 ini terhitung mulai dari tanggal 6 Februari - 26 Mei. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang yang berasal dari masing-masing perwakilan unit organisasi PUPR.

Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV ini dibuka oleh Kepala BPSDM Lolly Martina Martief di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta. Ada pula Kepala Puskdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional Nicodemus Daud, serta pejabat administrator dan pengawas di lingkungan BPSDM yang turut hadir.


Penyematan tanda peserta pelatihan oleh Kepala BPSDM

Bambang Widyarta selaku Plt. Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta melaporkan persiapan penyelenggaran bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat pengawas yang akan berperan sebagai pemimpin perubahan dalam melaksanakan tugas dan kegiatan kepemerintahan di instansinya masing-masing. Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV merupakan pelatihan yang wajib diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil yang telah atau akan duduk dalam jabatan struktural pengawas (eselon IV). Dasar penyelenggaraan kegiatan ini adalah Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Dalam sambutannya Lolly menegaskan, “Detail kompetensi yang dibangun pada Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV adalah kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi kegiatan tersebut”.


Foto bersama dengan perwakilan peserta pelatihan

Materi Kurikulum Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV yang akan diberikan terdiri atas 5 tahap pembelajaran seperti Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan Organisasi, Tahap Membangun Komitmen Bersama, Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim, Tahap Laboratorium Kepemimpinan, dan Tahap Evaluasi. Peserta akan diarahkan untuk mengembangkan kemampuan pelaksanaan kegiatan secara kreatif dan inovatif di lapangan dengan tetap mengacu pada ketentuan dan peraturan teknis terkait. Selain itu, peserta juga diminta untuk merancang suatu perubahan di unit kerjanya dan memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil nyata yang bermanfaat serta membawa perubahan untuk unit kerjanya.

Menutup arahannya Lolly mengatakan, “Seluruh peserta pelatihan harus Disiplin. Disiplin dalam arti tidak seenaknya keluar masuk dalam mengikuti pelatihan dan mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh sesuai dengan arahan pengajar, sekali lagi saya ucapkan Selamat Datang Calon Pemimpin Perubahan”. (Datin)



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat III Jakarta

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()