|
/ Berita / Sejak Diresmikan Pada Maret 2019 Simantu Telah Diakses 42384 Pengunjung

Sejak Diresmikan Pada Maret 2019 Simantu Telah Diakses 42.384 Pengunjung

Senin , 16 Desember 2019 55

Jakarta (16/12) - Sejak diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Maret lalu Sistem Manajemen Pengetahuan (Simantu) hingga saat ini sudah diakses 42.384 orang. Total pengakses Simantu pada Senin (16/12) sebanyak 153 pengunjung, naik dari Minggu (15/12) yang sebanyak 108 pengunjung. Sedangkan total pengakses pada minggu kemarin sebanyak 1.128 pengunjung, dan total pengakses pada Desember ini sudah mencapai 5.282 pengunjung. 

Keberadaan Simantu sangat membantu Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mengakses info-info maupun pengetahuan baru di Kementerian PUPR. "Karena hanya dengan menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai - Red) ASN sudah bisa melihat dinamika perkembangan infrastruktur yang merupakan kontribusi dari Ditjen-Ditjen dan Badan-Badan," ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR Lolly Martina Martief beberapa waktu lalu.

Selain info-info pembangunan infrastruktur, lanjut Lolly, peraturan-peraturan terkini juga bisa dibaca lewat Simantu. "Daripada browsing google per item, buka Simantu sudah bisa mendapatkan pengetahuan. Dan ini digemari oleh para CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil -Red) karena bisa mendahului pengetahuannya sebelum mereka ditempatkan," paparnya. 

Hingga saat ini jumlah konten Simantu sebanyak 1.630 konten dalam bentuk artikel dan video, dengan rincian 190 konten Sumber Daya Air, 158 konten Jalan & Jembatan, 121 konten Permukiman, 43 konten Penyediaan Perumahan, 21 konten Bina Konstruksi, 21 konten Manajemen, 15 konten Pengembangan Infrastruktur Wilayah, 5 konten Pengarusutamaan Gender, delapan konten Teknologi Informasi & Komunikasi, 1.045 konten lain-lain, dan tiga konten Pembiayaan Infrastruktur.

Jumlah artikel berbentuk proyek perubahan, baik dari Pelatihan Dasar CPNS maupun dari Diklat Kepemimpinan IV, III, dan II merupakan artikel yang mendominasi saat ini dengan jumlah 952 artikel atau 58%. Saat ini Simantu sudah dapat diakses dalam bentuk Desktop dan Mobile dengan dukungan Android, sehingga akan sangat mudah dalam mencari ilmu pengetahuan ke-PUPR-an. Aktifitas SIMANTU menggunakan media Internet (IoT). Sistem Manajemen Pengetahuan ini didesain sebagai perpustakan dunia maya (library 3.0), sebagai dokumentasi tentang keilmuan yang ada di Kementerian PUPR dan menjadi sumber pengetahuan serta solusi atas berbagai permasalahan teknis dan non-teknis di bidang PUPR.

Data yang tersajikan dalam Simantu telah terintegrasi dengan beberapa sistem besar (Big Data) seperti e-Pelatihan dan e-HRM. E-Pelatihan secara otomatis menampilkan data mengenai materi dan modul pelatihan, yang dimaksudkan agar para ASN juga dapat membaca modul dan materi pelatihan–pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDM PUPR. Selain itu integrasi sistem dengan e-HRM memudahkan mengambil informasi ASN PUPR yang akan masuk ke dalam sistem untuk berinteraksi dan turut serta membagikan informasi dalam Simantu.

Untuk lebih menggiatkan keberadaan Simantu, khususnya di lingkungan BPSDM, telah dilakukan penilaian keaktifan Kontributor Simantu, dimana hasilnya :

Teraktif I : Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta

Teraktif II : Balai Diklat PUPR Wilayah IV Bandung

Teraktif III : Balai Diklat PUPR Wilayah VI Surabaya

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai pengetahuan bidang PUPR, dengan mengakses aplikasi SIMANTU melalui link : SIMANTU-PUPR


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()