|
/ Berita / Sebanyak 989 Cpns Pupr Telah Ikuti Serangkaian Kegiatan Sebelum Diangkat Pns1

Sebanyak 989 CPNS PUPR Telah Ikuti Serangkaian Kegiatan Sebelum Diangkat PNS

Rabu , 08 January 2020 99

Jakarta (8/1) - Sebanyak 989 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Formasi 2018 selesai mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan dasar (Latsar) sebelum diangkat menjadi PNS PUPR.

Dalam Latsar tersebut CPNS digembleng selama 13 hari untuk mengikuti kegiatan Bela Negara, sebuah konsep yang disusun sesuai amanat UUD 1945 pasal 27 ayat 3, dimana setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. 

Bela negara sendiri merupakan kewajiban dasar warga negara yang melakukannya dengan penuh kesadaran, rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. Karena itu dalam melaksanakan kegiatan Bela Negara tersebut CPNS diharapkan juga menyerap nilai-nilai luhur budaya bangsa, seperti jujur, pemberani, mandiri, bertanggung jawab, disiplin dan pekerja keras, serta toleran, peduli sosial, peduli lingkungan, kreatif, inovatif, dan gotong royong, sebagai nilai-nilai universal warisan para leluhur yang tidak boleh diabaikan. 

Setelah mengikuti kegiatan Bela Negara CPNS selanjutnya mengikuti on the job training Kelitbangan untuk mendapatkan bekal yang memadai agar dapat segera terjun dan mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan Kementerian PUPR dalam mempercepat pembangunan infrastruktur. Pada program tersebut para CPNS mengenal secara lebih lengkap apa yang harus diketahui, dipelajari, dan dapat dilakukan untuk membangun infrastruktur PUPR. Pemahaman terhadap kelitbangan merupakan salah satu bentuk habituasi dalam penguatan kompetensi bidang tugas dan akan memberikan tambahan penilaian dalam kegiatan Latsar secara keseluruhan. 

Kegiatan pengenalan kelitbangan CPNS Formasi 2018 Kementerian PUPR yang dilaksanakan selama 30 hari mencakup 30% praktek dan 70% kunjungan lapangan. Ini berbeda dengan Formasi CPNS 2017, dimana praktek laboratorium 80% dan kunjungan lapangan 20%.

Usai pengenalan kelitbangan CPNS selanjutnya akan mengikuti Seminar Pelatihan Dasar, yang merupakan hasil dari masa habituasi. Habituasi memfasilitasi peserta untuk melakukan proses aktualisasi dengan membiasakan diri terhadap kompetensi yang telah diperolehnya melalui berbagai mata pelatihan yang telah dipelajari.

Pada akhir Latsar dipilih 16 CPNS terbaik untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan juri dalam kontes Pemilihan Ide Aktualisasi CPNS Kementerian PUPR sebagai bentuk penghargaan kepada para CPNS yang telah bersungguh-sungguh mengaktualisasikan diri di tempat mereka bekerja yang telah berinovasi guna mencari solusi atas permasalahan yang timbul pada saat habituasi di unit kerja masing-masing. (Datin)


KOMENTAR ()