|
/ Berita / Perhitungan Biaya Pekerjaan Untuk Wujudkan Perkiraan Biaya Proyek Yang Akurat1

Perhitungan Biaya Pekerjaan, Untuk Wujudkan Perkiraan Biaya Proyek yang Akurat

Kamis , 31 Maret 2016 2644


Sebelum melaksanakan proyek pekerjaan jalan dan jembatan, perlu diperhitungkan biaya proyek tersebut. Hal ini bertujuan untuk menyamakan konsep dasar dalam pembuatan perkiraan biaya proyek dan menyiapkan biaya proyek yang lebih akurat. Kriteria perkiraan biaya antara lain: memenuhi spesifikasi, dapat dipertanggungjawabkan dan alternatif terendah. 

Perhitungan biaya pekerjaan jalan dan jembatan bukan hanya terkait dengan aspek teknik namun juga terkait dengan integritas dari pelaksana untuk dapat menaati aturan yang berlaku. Sehingga diperlukan kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan aspek integritas dalam perhitungan biaya. 

Diklat ini merupakan upaya peningkatan kapasitas aparatur dengan memberikan dasar keahlian Perhitungan Biaya Pekerjaan Jalan dan Jembatan bagi pelaksana bidang pekerjaan jalan dan jembatan.


Diklat Perhitungan Biaya Pekerjaan Jalan dan Jembatan ini dilaksanakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan VIII Yogyakarta, yang dimulai tanggal 28 Maret sampai dengan 2 April 2016, di Semarang. Diklat ini diikuti oleh peserta dari Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jawa Tengah, Satker PJN Wilayah II Jawa Tengah, Satker PJN Metropolitan Semarang, Dinas PU Sragen, Dinas Bina Marga Provinsi Jawa tengah, Dinas PU Kabupaten Pekalongan, Dinas PU ESDM Kabupaten Magelang, Direktorat Preservasi Jalan Ditjen Bina Marga, Balai PJN VII Banjarmasin, Dinas PU Kabupaten Pemalang, dan Dinas Bina Marga,SDA,ESDM Kabupaten Kendal yang terdiri dari 29 orang peserta 18 orang dari Kementerian PUPR dan 11 orang dari Instansi PU daerah. Diklat ini dibuka oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan VIII Ir. Muazzin, M.T.