30-Sep-20 |
/ Berita / Perencanaan Teknis Terinci Ded Tpa Untuk Tingkatkan Kualitas Permukiman

Perencanaan Teknis Terinci (DED) TPA untuk Tingkatkan Kualitas Permukiman

Selasa , 15 September 2020 34

Banjarmasin, 15 September 2020 - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman telah menyelesaikan Pelatihan Rencana Teknis Terinci (DED) Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VII Banjarmasin. Pembelajaran pada pelatihan ini, menggunakan metode distance learning, berlangsung selama 13 hari sejak tanggal 31 Agustus 2020 hingga 15 September 2020.

Fitri Riandini, Kepala Bidang Manajemen Sistem dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi membacakan sambutan Kepala Pusat Pengembangan SDA dan Permukiman mengatakan, pemahaman dan kemampuan dalam pengelolaan sampah secara komprehensif mendorong keberhasilan tujuan dari perencanaan teknis TPA. Untuk itulah, pelatihan Perencanaan Teknis Terinci (DED) TPA diselenggarakan guna meningkatkan kompetensi teknis ASN, khususnya bagi ASN di lingkungan Ditjen Cipta Karya. 

Peningkatan layanan sanitasi dengan mengelola sampah dan limbah dilaksanakan Kementerian PUPR dalam rangka meningkatkan kualitas permukiman yang layak, sehat dan aman. Dengan begitu, kementerian berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan rakyat Indonesia.   

Selain itu, Fitri juga menjelaskan tentang kaitan penyediaan TPA dan pelayanan sanitasi, “Berdasarkan Renstra Kementerian PUPR tahun 2020 - 2024, pembangunan infrastruktur air limbah dan persampahan telah berkontribusi bagi peningkatan cakupan pelayanan sanitasi sebesar 8,76% dari baseline 61,08% menjadi 69,84% di akhir tahun 2019. Capaian pembangunan meliputi 10.207.619 rumah tangga yang terlayani infrastruktur air limbah dan persampahan dengan rencana pembangunan TPA baru sebanyak 389 unit target tahun 2024.”  

Penyediaan TPA oleh pemerintah merupakan bentuk tanggung jawab pelayanan kepada masyarakat. Salah satu program nasional terkait sarana dan prasarana persampahan adalah penyediaan TPA dengan konsep manajemen pengelolaan sampah yang berkelanjutan (sustainable waste management) di setiap daerah. Dengan konsep tersebut, perencanaan teknis TPA untuk pengelolaan persampahan yang komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir akan bisa terlaksana.  

Menutup sambutannya, Fitri berpesan kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan ini agar terus berupaya untuk mengembangkan kompetensi dan kinerja sesuai dengan standar kompetensi jabatan. 



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat VII Banjarmasin

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()