19-Oct-20 |
/ Berita / Peran Penting Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Dalam Penyelenggaraan Infrastruktur

Peran Penting Pengawasan Pekerjaan Konstruksi dalam Penyelenggaraan Infrastruktur

Selasa , 29 September 2020 28

Bandung, 29 September 2020 - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempunyai peranan penting dan strategis dalam menyediakan infrastruktur bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang berfungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai bidang, terutama bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Penyediaan infrastrukstur bidang PUPR harus melalui proses penyelenggaraan pekerjaan konstruksi yang meliputi tahap perencanaan pekerjaan konstruksi, pelaksanaan beserta pengawasan pekerjaan konstruksi, dan operasi serta pemeliharaan. Setiap tahap memiliki peran penting.

Penyelenggaraan pekerjaan konstruksi oleh Kementerian PUPR harus memenuhi ketentuan Undang-undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Pelaksanaannya yang menyatakan bahwa penyelenggara pekerjaan konstruksi wajib mewujudkan hasil pekerjaan konstruksi yang handal dan bermanfaat dengan memenuhi ketentuan tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi.

Tujuan pemeriksaan / pengawasan penyelenggaraan pekerjaan konstruksi adalah untuk menjaga tercapainya tertib penyelenggaraan dan hasil pekerjaan konstruksi baik fisik maupun non fisik meliputi aspek perencanaan konstruksi, pengadaan, manajemen pelaksanaan dan pengendalian kontrak di lingkungan Kementerian PUPR.

Mengingat pentingnya peran pengawasan pekerjaan konstruksi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen, menyelenggarakan Pelatihan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi secara distance learning. Acara pembukaan pelatihan dilaksanakan dari Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IV Bandung pada Senin kemarin, 28 September 2020 melalui video conference.

Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari Kementerian PUPR dan Dinas PUPR Pemda Daerah. Pelatihan ini akan berlangsung selama enam (6) hari, dari tanggal 28 September hingga 3 Oktober 2020.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan yang dilaksanakan melalui video conference dari Jakarta (28/9), Kepala BPSDM Sugiyartanto menyampaikan pentingnya keterampilan dalam pengawasan pekerjaan konstruksi bagi kementerian, “Untuk menjamin tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menyediakan infrastuktur bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang andal dan bermanfaat wajib memenuhi tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi diperlukan Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang ke-PUPR-an yang memiliki keterampilan dalam melaksanakan pengawasan pekerjaan konstruksi.”

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan akan mampu memahami tugas dan tanggung jawabnya dalam melakukan pengawasan pekerjaan konstruksi agar tercipta pembangunan infrastruktur yang andal.

Menutup sambutannya, Sugiyartanto memberikan apresiasinya kepada penyelanggara pelatihan, “Dalam kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen dan Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah IV Bandung yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya demi terselenggaranya kegiatan pelatihan ini.”



KOMENTAR ()