|
/ Berita / Penyusunan Materi Pelatihan Kpbu Ditargetkan Selesai Keseluruhan Pada Juni Mendatang

Penyusunan Materi Pelatihan KPBU Ditargetkan Selesai Keseluruhan Pada Juni Mendatang

Selasa , 12 Mei 2020 85

Bandung, 12 Mei 2020 – Progres penyusunan materi pelatihan e-learning Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) hingga saat ini sudah mencapai 73%. Diharapkan pada Juni mendatang bisa genap 100%. Kepala Bidang Teknik dan Materi Konstruksi, Alfet Bahari, menyampaikan hal itu pada pembukaan Forum Group Discussion Penyusunan Materi Pelatihan Interaktif Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha secara online di Jakarta, Selasa (12/5). 

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Sumber Daya Air (SDA) dan Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PIPR) Herman Suroyo, dalam sambutannya melalui konferensi video, mengatakan sesuai dengan instruksi Menteri PUPR dan arahan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi diminta untuk tidak pasif dan tetap dapat melaksanakan pelatihan-pelatihan, meski melalui konferensi video atau e-learning, hingga pandemi Covid-19 berakhir. Pelatihan-pelatihan yang sudah dijadwalkan agar segera saja dimulai melalui konferensi video, dengan memanfaatkan aplikasi yang ada, sebagaimana diputuskan pada rapat kerja pimpinan beberapa hari lalu.

Pusdiklat SDA dan Konstruksi sendiri pada Mei ini telah melaksanakan beberapa pelatihan, antara lain Pelatihan KPBU, Pelatihan Hukum Kontrak Konstruksi, dan Pelatihan Sengketa Kontrak yang dilaksanakan secara online di Balai Diklat PUPR Wilayah Bandung, Surabaya, dan Jakarta.

Berdasar laporan balai penyelenggara pelatihan, animo peserta melebihi target, diatas 30 orang. "Dulu temen-temen balai sering kesulitan mendapatkan peserta, namun dengan adanya pelatihan menggunakan e-learning rata-rata melebihi target dari 30 orang. Hal ini dimungkinkan, karena efektifitas penggunaan video conference, " ungkap Herman.

Kenaikan animo peserta pelatihan, menurut Herman, kemungkinan dipengaruhi oleh kemudahan belajar secara online yang bisa menjadi gaya belajar baru. Hal tersebut harus direspon dengan baik, yang salah satunya dengan cara menyiapkan bahan ajar interaktif yang baik dan mudah disampaikan kepada peserta.

Sebelum menutup sambutan, herman berpesan, agar inovasi dalam pembelajaran disiapkan dengan baik dan diselaraskan untuk mendukung pembelajaran secara e-learning, sehingga pembelajaran akan tetap efektif dan berhasil.


Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()

BERIKAN KOMENTAR