16-May-21 |
/ Berita / Penyusunan Analisis Jabatan Dan Beban Kerja Bpsdm1

Penyusunan Analisis Jabatan dan Beban Kerja BPSDM

Senin , 24 Agustus 2015 3756



Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Peraturan Menteri No. 15/PRT/M/2015 dan No. 34 /PRT/M/2015 telah menyusun Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PUPR. Sehingga Badan Pengembangan SDM sebagai salah satu unit satminkal yang baru perlu melakukan evaluasi jabatan untuk penataan SDM melalui penyusunan Analisis Jabatan dan Beban Kerja sebagai salah satu syarat pelaksanaan Reformasi Birokrasi, dan melaksanakan kegiatan Penyusunan Analisis Jabatan dan Beban Kerja BPSDM pada tanggal 24-25 Agustus 2015 di Balai Diklat XI Makassar.

Selain sebagai syarat pelaksanaan Reformasi Birokrasi, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain adalah agar aparatur BPSDM memiliki pemahaman yang sama dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merencanakan data jabatan yang dibutuhkan khususnya jabatan fungsional umum sebagai tolak ukur untuk merencanakan kebutuhan pegawai di BPSDM dalam rangka formasi pengadaan pegawai untuk 5 tahun kedepan, dan menetapkan job grade untuk menyusun besaran tunjangan kinerja. Di akhir kegiatan ini diharapkan sudah tersusun list nama jabatan fungsional umum yang mengacu pada 3.500 nama jabatan fungsional umum sesuai nomenklatur Kementerian PAN & RB.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Kepegawaian dan Ortala BPSDM, Sekretaris BPSDM menyampaikan bahwa Program Reformasi Birokrasi bertujuan untuk meningkatkan daya guna, hasil guna, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Tujuan tersebut akan dicapai antara lain melalui berbagai kegiatan, salah satu diantaranya adalah penataan sistem manajemen SDM Aparatur, yang memerlukan informasi dasar tentang jabatan yang diperoleh dari analisis jabatan. Karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyusun analisis jabatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang karakteristik pekerjaan yang ada di setiap unit kerja yang selanjutnya akan diformulasikan atau dirumuskan menjadi jabatan.

Rumusan jabatan tersebut kemudian akan menjadi dasar dari kegiatan manajemen di bidang kepegawaian, diantaranya untuk menyusun beban kerja dan peta jabatan yang bersama-sama dengan hasil analisis beban kerja digunakan sebagai bahan penyusunan jumlah kebutuhan pegawai per jabatan. Dengan demikian kegiatan analisis jabatan menjadi mutlak diperlukan oleh semua unit kerja di lingkungan BPSDM Kementerian PUPR dalam upaya memperoleh komposisi kelembagaan dan jumlah PNSnya.

Acara Penyusunan Analisis Jabatan dan Beban Kerja BPSDM ini diikuti oleh peserta dari lingkungan BPSDM dan menjadi nara sumber adalah Asisten Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur dan Kepala Bidang Perencanaan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Kepala Bagian Ortala, Biro Kepegawaian dan Ortala, Kementerian PUPR. (Datin BPSDM)

Untuk melihat dokumentasi kegiatan, KLIK DISINI

Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()