11-Apr-21 |
/ Berita / Penutupan Training Of Trainer Tot Pengembangan Tata Guna Air Ptga1

Penutupan Training Of Trainer (ToT) Pengembangan Tata Guna Air (PTGA)

Jumat , 27 Nopember 2020 111

Bandung, 27 November 2020 - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melalui Pusat Pengembangan SDA dan Permukiman Dan Balai Pengembangan Kompetensi Wilayah IV Bandung yang bekerja sama dengan Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktorat Jenderal Sumberdaya Air Kementerian PUPR, telah menyelesaikan Training Of Trainer (TOT) Pengembangan Tata Guna Air (PTGA). Pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi ketidakmampuan secara teknis serta diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dalam hal pengelolaan irigasi khususnya dalam kegiatan operasi dan pemeliharaan irigasi. 


Dalam sambutan penutupan secara daring Jumat (27/11), Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi SDA dan Permukiman Ruhban Ruzziyatno, mengatakan usaha pembangunan yang telah dilakukan pemerintah tentunya memerlukan kemampuan sumber daya manusia dalam pengoperasian dan pemeliharaannya, tidak terkecuali pada pengelolaan jaringan irigasi. Agar pemanfaatan jaringan irigasi dapat optimal, diperlukan petugas yang kompeten. Kompetensi Sumber Daya Manusia dapat ditingkatkan melalui banyak cara, misalnya coaching, mentoring, konseling, seminar, bimbingan teknis dan pelatihan. Peningkatan kompetensi bagi instruktur pengembangan tata guna air diperlukan metode pelatihan yang memperbanyak jumlah praktek dibandingkan teori baik secara substansi irigasi maupun teknik - teknik mengajar. 


“Untuk itu, melalui pelatihan yang dilaksanakan ini, akan terlahir instruktur - instruktur yang handal sehingga kegiatan Pengembangan Tata Guna Air dapat berjalan dengan baik,“ tambah Ruhban.


Mulyadi salah satu peserta dari BBWS Ciujung Cidanau Cidurian (BBWSC3), menyampaikan pendapatnya terhadap pelatihan ini,"Secara teknis memang sudah menjadi tugas dan fungsi saya di bidang OP SDA. Pengetahuan barunya adalah bagaimana cara membangun komunikasi dalam konteks sebagai instruktur, mentransferkan ilmu kepada orang lain dan membangun sikap profesional sebagai instruktur." 


Terkait manfaat pelatihan, Mulyadi mengatakan,”Unit PTGA BBWSC3 semakin banyak pilihan instruktur dari unit kerja sendiri sehingga secara mandiri bisa melaksanakan pelatihan secara rutin dan meningkatkan kinerja unit PTGA itu sendiri.”


Pelatihan Training of Trainer (ToT) Pengembangan Tata Guna Air diselenggarakan sejak tanggal 23 sampai 27 November 2020 secara daring, tercatat sebanyak 43 orang sebagai peserta yang telah mengikuti pelatihan dengan baik. 


KOMENTAR ()