03-Mar-21 |
/ Berita / Penutupan Pelatihan Operasi Dan Pemeliharaan Rawa 1

Penutupan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Rawa

Minggu , 25 Oktober 2020 95

Banjarmasin, 24 Oktober 2020 – Penyelenggaraan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Rawa yang diadakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukinan dengan difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VII Banjarmasin secara resmi ditutup pada hari ini.  

 

Setelah menjalani pelatihan selama 5 hari, dari tanggal 19-24 Oktober 2020 secara distance learning. Dari seluruh peserta yang berjumlah 28 orang dinyatakan lulus, sementara yang tidak lulus 1 orang karena tidak memenuhi syarat nilai dan kehadiran minimum yang ditentukan oleh BPSDM Kementerian PUPR.

 

Pada sambutan penutupan, Kepala Pusbangkom SDA dan Permukiman Ruhban Ruzziyatno menyampaikan bahwa bidang Irigasi Rawa yang selama ini kurang popular jika dibandingkan dengan irigasi konvensional. Namun seiring berkurangnya luas lahan irigasi yang bisa dimanfaatkan secara konvensional, lahan rawa sudah mulai dikembangkan sebagai irigasi untuk tanaman padi. Beberapa wilayah di Indonesia memang memiliki lahan rawa yang cukup luas dan potensial untuk dikembangkan menjadi irigasi rawa.

 

Ia pun menambahkan bahwa dengan adanya Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Rawa, semua pihak dapat menyadari pentingnya kegiatan operasi dan pemeliharaan yang terintegrasi mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, karena sama seperti infrastruktur Sumber Daya Air lainnya, kegiatan operasi dan pemeliharaan pada daerah rawa juga perlu dilaksanakan untuk menjaga keberlangsungan fungsi sistem yang sekarang ini telah terbangun.

 

“Pelatihan OP Rawa sebagai solusi dalam pemecahan problematika penanganan lahan rawa di lapangan dan diharapkan OP rawa juga dapat menjaga stabilitas fungsi rawa bagi ketahanan pangan,” tegasnya.

 

Di kesempatan yang sama, Ruhban mengucapkan selamat kepada 3 peserta terbaik dalam pelatihan, yakni: Wahyu Candraqarina, Resty Vesariany, dan Ary Firmana. Ia pun berharap pelatihan yang telah diikuti para peserta dapat menyegarkan kembali dan menambah pengetahuan baru tentang OP Rawa sehingga bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang ditemui di lapangan.


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat VII Banjarmasin

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()