11-Apr-21 |
/ Berita / Pentingnya Penyusunan Proses Bisnis Agar Bpsdm Pupr Menjadi Efektif Dan Efisien1

Pentingnya Penyusunan Proses Bisnis agar BPSDM PUPR menjadi Efektif dan Efisien

Jumat , 27 Nopember 2020 162

Yogyakarta, 27 November 2020 - Dalam rangka tindak lanjut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR menyelenggarakan kegiatan Finalisasi Draft Peta Bisnis Proses BPSDM Tahun 2020 di Yogyakarta, Jumat (27/11).

Sekretaris BPSDM PUPR, Herman Suroyo dalam sambutannya mengatakan, peta proses bisnis merupakan aset organisasi yang berharga karena tidak menggantungkan alur kerja pada pejabat perseorangan yang menduduki posisi pimpinan unit organisasi, tetapi menempatkan peta proses bisnis pada unit organisasi. Idealnya, peta proses bisnis ini kemudian diturunkan sampai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Namun selama ini keberadaan SOP tidak didasarkan pada peta proses bisnis, karena setiap unit organisasi menyusun SOP secara terpisah. Hal ini berdampak pada kaburnya keterkaitan antar unit organisasi.

"Untuk itulah begitu pentingnya penyusunan peta proses bisnis ini harus dilaksanakan secara cermat sebagai jembatan untuk menghasilkan SOP yang dapat mengintegrasikan satu unit organisasi dengan unit organisasi lainnya di suatu instansi pemerintah", ungkap Herman.

Diharapkan dengan peta bisnis proses ini maka permasalahan tumpang tindih dan tidak jelasnya pembagian tugas di antara unit organisasi pun bisa mulai teratasi.

Lebih lanjut Herman mengatakan adanya penyederhanaan struktur Organisasi BPSDM yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 13 tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian PUPR, dan Peraturan Menteri PUPR Nomor 16 tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR serta adanya peralihan seluruh pejabat struktural yang jabatannya dipangkas menjadi jabatan Fungsional berdasarkan SK Penyetaraan Jabatan Fungsional, maka di tahun 2020, BPSDM harus memiliki Peta Bisnis Proses yang merujuk kepada struktur organisasi baru yang disusun melalui tahapan siklus.

"Siklus ini menyangkut aspek persiapan, pengembangan, penerapan, hingga pemantauan dan evaluasi agar instansi pemerintah yang efektif dan efisien dapat terwujud. Wujud peta ini akan terlihat dari sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas dan terukur", jelas Herman.

Untuk itu Herman berharap draft peta proses bisnis BPSDM yang sudah disusun dapat segera disepakati bersama dan difinalisasi oleh unit kerja di BPSDM sehingga manfaat serta output yang tepat yakni Bisnis Proses BPSDM yang akurat, terukur dan efekif dapat terwujud. (Kompu BPSDM)


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()