11-Apr-21 |
/ Berita / Pentingnya Pengembangan Sistem Pembelajaran Interaktif Berbasis Elektronik

Pentingnya Pengembangan Sistem Pembelajaran Interaktif Berbasis Elektronik

Jumat , 11 Desember 2020 102

Bandung,10 Desember 2020 – Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan merupakan hal penting dalam rangka menjaga kelestarian fungsi dan manfaat suatu infrastruktur, khususnya infrastruktur sumber daya air. Sebagai kelanjutan dari proses pembangunan jaringan irigasi, kegiatan Operasi dan Pemeliharaan jaringan irigasi merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan dengan sebaik - baiknya agar fungsi pelayanan irigasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk menunjang usaha – usaha sektor pertanian dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mendukung hal tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR Melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pegawai PUPR dalam Operasi dan Pemeliharaan Irigasi.

Salah satunya, Pusbangkom SDA dan Permukiman menginisiasi pengembangan materi pelatihan berbasis video. Diharapkan materi pembelajaran dalam bentuk video itu dapat meningkatkan daya serap peserta pelatihan, partisipasi aktif peserta pelatihan dan meningkatkan belajar mandiri peserta pelatihan. Kepala Pusbangkom SDA dan Permukiman Ruhban Ruzziatno dalam sambutan pembukaan Lokakarya Pengembangan Sistem Pembelajaran Interaktif Berbasis Elektronik: Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Tingkat Pengamat, di Bandung (10/12), minta agar peserta lokakarya dapat memfinalisasi materi-materi yang mendukung keberhasilan pembelajaran jarak jauh, yaitu dengan melakukan pembahasan video pengembangan sistem pembelajaran interaktif berbasis elektronik yang telah selesai diolah (post-production).

Ada 2 opsi video yakni video yang berdurasi 15 – 20 Menit sebagai Pemahaman Awal Peserta dan Video yang berdurasi >15 Menit, sebagai Video Pendukung Praktek/Studi Lapangan. Ada 9 video yang dikembangkan oleh Pusbangkom SDA dan Permukiman yakni Pengetahuan Umum Irigasi, Kelembagaan Pengelolaan Irigasi, Perencanaan Operasi Jaringan Irigasi, Pelaksanaan Operasi Jaringan Irigasi, Tata Cara Kalibrasi Alat Ukur Pengukuran Debit, Pemeliharaan Jaringan Irigasi, Pembinaan Operasi dan Pemeliharaan P3A, Pengetahuan Dasar : PAI, IKSI dan AKNOP dan Praktek Lapangan.

Video tersebut ada yang dikemas dalam bentuk animasi dan adapula dalam bentuk pembelajaran narasumber Widyaiswara/Pengajar. yakni Lolly Martina Martief, Bekty Sudarmanto, Rahardjo Ari Karjanto, Djito. 



KOMENTAR ()