|
/ Berita / Peninjauan Ulang Kinerja 400 Cpns Dalam Penugasan Mitigasi Bencana Lombok

Peninjauan Ulang Kinerja 400 CPNS dalam Penugasan Mitigasi Bencana Lombok

Rabu , 07 Nopember 2018 36

Sejumlah CPNS menyaksikan paparan dengan serius


Lombok (7/11) – Kementerian PUPR melalui BPSDM menyelenggarakan Seminar Aktualisasi Dalam Rangka Pelatihan Dasar CPNS Formasi 2017 untuk Peserta Operasi Kemanusiaan NTB yang dimulai tanggal 6 sampai 8 November 2018. Sesuai PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, Calon PNS harus melalui masa percobaan dan lulus dari Pelatihan Dasar (Latsar). Berdasarkan Perka LAN Nomor 25 Tahun 2017, peserta Latsar harus melaksanakan Habituasi atau aktualisasi hasil pembekalan. Khusus untuk CPNS Formasi 2017 Peserta Operasi Kemanusiaan NTB, seminar aktualisasi dilaksanakan di Lombok. Ada pun rangkaian acara terdiri dari seminar aktualisasi dan assessment test untuk 200 orang CPNS Formasi 2017 yang belum mengikuti tes tersebut.

Sebagai pembuka acara, Kepala BPSDM, Lolly Martina Martief menyampaikan apresiasi kepada para undangan yang berkenan hadir sebagai wujud kepedulian terhadap CPNS yang dikirim ke NTB dalam rangka program kemanusiaan. CPNS telah diberikan berbagai macam pembekalan seperti Pelatihan Bela Negara, Pengenalan Kelitbangan, Materi Jabfung, Pembekalan Teknis, Manajemen Konstruksi dan lain sebagainya. Akan tetapi, khusus untuk CPNS Kementerian PUPR mendapat tambahan pengalaman yang tidak didapat oleh CPNS dari kementerian lain.

“Pak Menteri mengatakan, LATSAR (Pelatihan Dasar) yang sesungguhnya adalah saudara-saudara sekalian ini, digiring ke lapangan, bekerja untuk program kemanusiaan. Ini tidak didapat oleh CPNS dari kementerian lain. Jadi subhanallah, saudara-saudara ini luar biasa.”, ujar Lolly. Beliau memberikan apresiasi terhadap kerja CPNS di lapangan, “Saya sudah mendengar laporan dari tim satgas, bahwa ternyata saudara-saudara selama di lapangan menunjukkan teamwork yang baik, kerjasama yang baik. Biasanya engineer itu kurang sensitif terhadap masalah-masalah sosial. Jadi saudara-saudara sudah diasah sensitivitas untuk berkomunikasi dengan masyarakat.” Hal ini menjadi nilai plus bagi CPNS Kementerian PUPR.


Lolly Martina Martief tengah memberikan semangat bekerja kepada para 400 CPNS Muda PUPR

Lolly mengingatkan bahwa assessment test yang akan diikuti oleh sebagian peserta merupakan sesuatu yang penting dan wajib untuk mengetahui dan memotret potensi diri. Sesuai peraturan, PNS harus dikelola secara talenta. Hasil assessment test ini dapat menjadi ukuran untuk talent pool, mencari PNS yang akan menjadi bagian dari high flyer, yaitu memiliki kemampuan yang didorong untuk dipromosikan. Oleh karena itu tes perlu dikerjakan secara serius.

Sebagai penutup, Lolly mengingatkan para CPNS untuk tetap semangat, karena semangat dapat memberi nilai tambah dalam hidup. Yel-yel penyemangat berkumandang di aula pertemuan, sebagai ekspresi semangat dari para CPNS.


“Siapa kita? P-U-P-R, PUPR!”.



Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()