|
/ Berita / Peningkatan Kualitas Diklat Bidang Jalan Dan Jembatan Melalui Penyusunan Kurikulum Dan Modul Yang Aplikatif

Peningkatan Kualitas Diklat Bidang Jalan dan Jembatan Melalui Penyusunan Kurikulum dan Modul yang Aplikatif

Rabu , 06 April 2016 1899


Kurikulum dan Modul dalam suatu sistem pendidikan dan pelatihan (Diklat) merupakan suatu alat yang sangat membantu dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program Diklat. Dalam proses belajar mengajar kedudukan kurikulum  sangat krusial, karena kurikulum memiliki fungsi  bagi pencapaian kompetensi diklat, dan akhirnya bagi peserta diklat serta unit kerjanya.


Sejalan dengan hal tersebut BPSDM Kementerian PUPR melalui Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, menggelar Focus Group Discussion (FGD)  Penyusunan Kurikulum dan Modul Bidang Jalan dan Jembatan yang diselenggarakan di Bandung  tanggal 6-7 April 2016.

FGD ini dipandu oleh K.M Arsyad, Kabag. Anggaran dan Umum,  dan Effendi Radian, Kabag Teknik Materi Jalan Pusdiklat Jalan, Perkim dan PIW.

K.M. Arsyad dalam membuka FGD menyampaikan, "Bahwa dalam penyusunan kurikulum dan modul harus sesuai dengan kebutuhan Kementerian PUPR dalam hal ini Bidang Jalan dan Jembatan, dan diharapkan juga agar kurikulum mengikuti ilmu pengetahuan dan teknologi".

Beliau juga menyampaikan, sebagai lembaga yang mengembangkan Diklat Teknis maka ciri utamanya adalah lebih mengarah pada substansi teknis Bidang PUPR, dan tentunya dalam penyusunan  kurikulum dan  modul harus sejalan dengan landasan teori serta kebijakan dari LAN baik itu format maupun ketentuan-ketentuan lainnya.



Acara yang diadakan di Bandung pada tanggal 6-7 April 2016 ini mengagendakan pembahasan tiga Kurikulum dan Modul Diklat yaitu Diklat Road Safety, Spesifikasi Teknis Pekerjaan Jalan dan Jembatan, serta Perencanaan Teknik Perkerasan Jalan I (Dasar).

FGD menghadirkan para nara sumber yaitu dari Universitas Pendidikan Indonesia yang membahas mengenai landasan teori Kurikulum dan Modul Diklat, kemudian narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang menyampaikan tentang kebijakan penyusunan Modul Diklat Aparatur.

FGD ini  dihadiri juga nara sumber dari Puslitbang Jalan dan Jembatan, perwakilan Ditjen. Bina Marga, serta para peserta dari Pusdiklat Jalan, Perkim dan PIW,  para Widyaiswara Bidang  Jalan dan Jembatan dan para pengajar lainnya. (Pus3 EP)




Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()

BERIKAN KOMENTAR


 
?>