|
/ Berita / Pengembangan Greenbelt Konservasi Sumber Daya Air Waduk Wadaslintang Berbasis Masyarakat

Pengembangan Greenbelt Konservasi Sumber Daya Air Waduk Wadaslintang Berbasis Masyarakat

Rabu , 30 Maret 2016 1729


Masih dalam rangka meningkatkan kompetensi pejabat fungsional di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (30/3) bertempat di Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional, Pasar Jumat diadakan kembali kegiatan lokakarya dengan agenda Knowledge Sharing mengenai Pengembangan Greenbelt Konservasi Sumber Daya Air Waduk Wadaslintang Berbasis Masyarakat.

Acara yang dihadiri oleh 19 orang peserta ini dibuka oleh Yusdiana Caya, selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Evaluasi Jabatan Fungsional yang mewakili Kepala Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan dengan diadakan forum ini dapat menunjukkan produktivitas pejabat jabatan fungsional dan ke depannya dapat pula menunjukkan perannya.


Ajat Sudrajat selaku narasumber mengatakan bahwa degradasi lingkungan hulu waduk menyebabkan persoalan sedimentasi, penurunan umur teknis, dan sebagainya, karena itu perlu penanganan lahan greenbelt hulu waduk secara komprehensif. Saat ini area greenbelt telah dilakukan penanaman tanaman hutan dan buah-buahan akan tetapi masih kurang berkembang dan butuh pengembangan yang lebih holistic dan terintegrasi dengan masyarakat sekitar. Darisanalah perlu dilakukan penyusunan Grand Design Greenbelt. Topik inilah yang menjadi pembahasan dalam Karya Tulis Ilmiah nya yang kemudian dijadikan pembahasan dalam lokakarya tersebut.

Sebagai penutup, Reinhart P Simandjuntak, selaku moderator menyampaikan bahwa terdapat 4 fungsi greenbelt yaitu pengamanan, ekonomi, sosial dan estetika. Yang lebih ditekankan pada fungsi pengamanan agar waduk yang telah dibuat dapat terjaga lestari. Sedangkan dalam fungsi ekonomi dan sosial pengelolaan greenbelt berbasis masyarakat perlu dibentuk sebuah organisasi masyarakat untuk dapat mengelolanya.




Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional


KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()

BERIKAN KOMENTAR


 
?>