|
/ Berita / Pengawasan Teknik Bidang Kepuan1

Pengawasan Teknik Bidang Ke-PU-an

Rabu , 11 Maret 2015 995


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya SDM Aparatur merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Untuk itu, pembangunan SDM Aparatur harus diarahkan agar setiap PNS aparatur benar-benar memiliki profesionalitas, integritas yang tinggi, dan moralitas yang baik.

Kegiatan peningkatan kemampuan SDM Aparatur, didasarkan pada beberapa peraturan perundangan, yaitu antara lain: Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil; dan Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 mengenai Aparatur Sipil Negara, pada pasal 3 disebutkan bahwa: Aparatur Sipil Negara sebagai profesi berlandaskan pada prinsip kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas dan kualifikasi akademik.

Begitu juga pada pasal 69 disebutkan bahwa: kompetensi sebagaimana dimaksud meliputi kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Selama ini, kinerja SDM Aparatur sering mendapat sorotan dari berbagai pihak dan secara umum dinilai bahwa tingkat kinerja pegawai pemerintah belum mencapai standar profesional. Dari kondisi ini, tentunya menjadi tantangan bagi kita untuk terus mengupayakan melakukan pembinaan SDM Aparatur agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatannya, sehingga ia dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional, dalam rangka memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat yang begitu tinggi.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan agar SDM Aparatur memiliki kompetensi yang tinggi, yaitu antara lain dengan cara melaksanakan diklat, seminar, kursus, penataran, praktek kerja dan pertukaran PNS dan swasta. Untuk mewujudkan SDM Aparatur yang kompeten dalam bidang pengawasan, Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Kapuas Hulu – Kalimantan Barat, melakukan upaya peningkatan kemampuan SDM-nya melalui kegiatan pelatihan pengawasan Bidang ke-PU-an. Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama  dengan Balai Diklat PU Wilayah VIII Pusdiklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pelatihan dimulai pada tanggal 9 - 19 Maret 2015 atau selama 10 (sepuluh) hari efektif meliputi 95 jam pelajaran (95 JP) dan diikuti sebanyak 40 orang peserta. Diklat dibuka oleh Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Bp. A.M Nasir, SH dan dihadiri oleh Pejabat di Lingkungan Pemda Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Balai Diklat PU Wilayah VIII, dan Pengajar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Untuk proses belajar mengajar dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Bina Marga dan Pengairan Kab. Kapuas Hulu.

Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()

BERIKAN KOMENTAR


?>