22-Jun-21 |
/ Berita / Pengajar Pupr Ditingkatkan Kompetensinya Agar Pelatihan Menjadi Efektif Dan Efisien

Pengajar PUPR Ditingkatkan Kompetensinya Agar Pelatihan Menjadi Efektif dan Efisien

Jumat , 09 April 2021 79

Jakarta, 9 April 2021 – Didalam pelatihan, peningkatan kompetensi peserta diharapkan dapat sesuai dengan sasaran kompetensinya. Maka, penyampaian materi oleh para fasilitator pembelajaran juga harus dengan metode yang tepat. Pelatihan Pengembangan Kapasitas Fasilitator yang telah berakhir diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Manajemen, Jumat (9/4) di Jakarta, merupakan upaya untuk memenuhi hal tersebut.


“Kompetensi pengajar/fasilitator sangat diperlukan baik dalam penguasaan teknik dan metode mengajar, maupun substansi materi pelatihan,"ujar Moeh. Adam, Kepala Pusbangkom Manajemen dalam pidato penutupannya.


Adam menambahkan, kompetensi penguasaan materi, ketepatan waktu, sistematika penyajian, penggunaan metode dan alat bantu, daya simpati, gaya dan sikap, penggunaan bahasa dan volume suara, pemberian motivasi belajar, kesempatan tanya jawab, dan pencapaian tujuan instruksional merupakan aspek yang harus diperhatikan oleh seorang fasilitator baik Widyaiswara maupun Non-Widyaiswara.


Menutup pidatonya, Adam menyampaikan harapannya agar para peserta bisa terinspirasi & termotivasi untuk terus belajar, bereksplorasi, dan meningkatkan kemampuan dalam memfasilitasi pembelajaran dalam suatu pelatihan.


Dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta yang merupakan Widyaiswara Utama Badan Pengembangan SDM, Danis Hidayat Sumadilaga menyampaikan apa saja yang dapat diserap dari pelatihan ini, “Bagaimana agar proses pelatihan itu efektif dan efisien itu banyak hal yang mempengaruhi. Bagaimana kita mempersiapkan bahan dengan baik, cara berkomunikasi dengan baik, metoda (metode) penyampaiannya, me-manage kelas, persentasi nya, dan sebagainya,” ungkap Danis.


Dengan difasilitasi oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), pelatihan ini ditutup secara tatap muka untuk peserta yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan secara daring untuk yang di luar Jabodetabek. Melalui pelatihan ini, para peserta telah dibekali materi mengenai Pembelajaran Orang Dewasa, Manajemen Kelas, Rancang Bangun Pembelajaran Mata Pelatihan & Rencana Pelatihan (RBPMP-RP), Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Simulasi Mengajar/Micro Teaching dengan total 29 Jam Pelajaran (JP). Adapun saat berakhirnya pelatihan ini, kelulusan 25 orang peserta masih dalam proses penilaian.



Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen


KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()