11-Apr-21 |
/ Berita / Pembukaan Pelatihan Penyusunan Fs Dan Larp Spam Regional Dan Pelatihan Operasi Pemeliharaan Irigasi

Pembukaan Pelatihan Penyusunan FS dan LARP SPAM Regional dan Pelatihan Operasi Pemeliharaan Irigasi

Selasa , 02 Maret 2021 50

Surabaya, 02 Maret 2021 Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya telah menyelenggarakan 2 pelatihan yang berlangsung tanggal 02 - 10 Maret 2021, yakni Pelatihan Pendampingan Penyusunan Fasibility Study (FS) dan Land Acquisition and Resettlement Plan (LARP) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional dan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Tingkat Pengamat. Pelatihan tersebut langsung dibuka secara daring oleh Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya Ir. H. Ruhban Ruzziyatno, MT. Dalam pembukaannya Ruhban mengatakan bahwa " Dalam upaya mewujudkan birokrasi berkelas dunia utamanya dengan kondisi tatanan kehidupan baru (new normal), dipandang perlu menguatkan pilar-pilar seperti: profesionalitas Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara, simplifikasi kelembagaan, pelayanan publik yang prima, tatalaksana dan akuntabilitas, serta kebijakan publik berbasis data. Salah satu adaptasi yang dilakukan BPSDM dalam upaya pengembangan kompetensi ASN yakni berupaya untuk mengintegrasikan seluruh bentuk pengembangan kompetensi ASN PUPR sesuai dengan tujuan pembangunan nasional ".

Selain itu Di tengah merebaknya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tetap berkomitmen menyelesaikan pembangunan infrastruktur dalam rangka menjaga keberlanjutan kegiatan ekonomi. Dalam mendukung hal tersebut Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR, sebagai wadah pengembangan SDM, giat melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) . Pelatihan tersebut sudah sesuai SSurat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 15/SE/M/2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan dan Keselamatan dalam Adaptasi Kebiasaan Baru di Kementerian PUPR serta ditindaklanjuti dengan SE Kepala BSDM No. 02/SE/KM/2020 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

" Dalam upaya percepatan pemenuhan target 100% akses aman air minum, berbagai langkah percepatan terus ditempuh salah satunya Kegiatan Accelerating Infrastructure Delivery Through Better Engineering Services Project (ESP) yang didanai melalui Loan ADB No. 3455-INO adalah salah satu upaya percepatan persiapan proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). " ujar Ruhban.

Dalam rangka melakukan peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang pengelolaan air minum dalam mendampingi penyusunan Feasibility Study (FS) dan Land Acquisition Resettlement Plan (LARP) SPAM Regional sesuai dengan peraturan perundangan yang ada. Maka dari itu Pelatihan Pendampingan Penyusunan FS dan LARP SPAM Regional, yang akan menjadi menjadi bekal sebagai dasar panduan pendampingan untuk Project Preparation Consultants (PPC) oleh Tim Teknis di Pusat maupun Daerah.

Untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan irigasi yang efisien dan efektif serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat petani, pengelolaan irigasi dilaksanakan dengan mengoptimalkan pembagian air secara tepat waktu dan tepat jumlah. Selain itu, kelayakan jaringan irigasi juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi penggunaan air irigasi.  Pelatihan OP Irigasi tingkat Pengamat ini untuk meningkatkan pengetahuan Bapak/Ibu sekaligus dapat berdiskusi dengan pengajar maupun sesama peserta untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui di lapangan..

Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini para peserta dapat bertukar pikiran dan berdiskusi dalam rangka memahami dan membantu berbagai masalah yang berada di lapangan," ujar Ruhban"




Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat VI Surabaya

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()