25-Jan-21 |
/ Berita / Pembukaan Pelatihan Operasi Dan Pemeliharaan Rawa

Pembukaan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Rawa

Selasa , 20 Oktober 2020 64

Banjarmasin, 20 Oktober 2020 - Pengembangan daerah rawa di Indonesia tersebar di beberapa pulau, yaitu; Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jayapura. Luas lahan rawa Indonesia diperkirakan mencapai 33.393.570 hektar yang terdiri dari 20.096.800 hektar (60,2%) lahan pasang surut dan 13.296.770 hektar (39,8%) lahan rawa non-pasang surut (lebak).  

Dalam pemanfaatannya, sama seperti infrastruktur sumber daya air lainnya, kegiatan operasi dan pemeliharaan pada daerah rawa juga harus dilakukan mengingat lahan rawa merupakan lahan alternatif produksi padi selain lahan sawah konvensional.

Memperhatikan pentingnya pengelolaan rawa, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VII Banjarmasin menggelar Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (O&P) Rawa yang diikuti 28 peserta. Pelatihan akan berlangsung mulai tanggal 19 hingga 26 Oktober 2020, yang akan diakhiri dengan penyerahan sertifikasi dari Himpunan Ahli Hidraulik Indonesia (HATHI).

Dalam sambutan pada pembukaan pelatihan, Senin (19/10) kemarin, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Sumber Daya Air dan Permukiman Ruhban Ruzziyanto mengatakan bahwa kegiatan operasi dan pemeliharaan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kelestarian fungsi dan manfaat suatu infrastruktur, khususnya infrastruktur sumber daya air.

“Dengan adanya Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Rawa, semua pihak dapat menyadari pentingnya kegiatan operasi dan pemeliharaan yang terintegrasi dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan,” tambahnya (19/10).

Menutup sambutannya, Ruhban menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terkait operasi dan pemeliharaan rawa sehingga mampu menjadi petugas dalam kegiatan O&P yang dapat diandalkan saat kembali ke tempat kerjanya masing-masing. (Bapekom PUPR Wilayah VII Banjarmasin)



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat VII Banjarmasin

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()