|
/ Berita / Pembukaan Diklat Training Officer Course Toc1

Pembukaan Diklat Training Officer Course (TOC)

Senin , 04 Mei 2015 3237


Melalui kegiatan Training Officer Course (TOC), penyelenggara diklat dilatih memahami konsep dasar system diklat. Memahami konsep dasar tersebut akan meningkatkan kompetensi penyelenggara diklat untuk mampu memahami pengertian, tujuan dan alasan orang mengikuti diklat.

Dengan pemahaman itu maka penyelenggara diklat megetahui proses-proses dalam sistem diklat dan peranan penyelenggara diklat agar penyelenggaraan diklat dapat efektif. Konsep dasar sistem diklat pada hakikatnya berangkat dari konsep dasar diklat itu sendiri. Menurut LAN (2003), ada empat kata kunci yang terkandung dalam pelatihan  yaitu proses belajar (learning),  kinerja/kompetensi kerja (performance), pegawai/karyawan (people), dan jabatan/pekerjaan (job).

Belajar adalah proses sadar  sesorang untuk mengubah perilaku atau kemampuannya baik knowledge, skill dan attitude-nya. Performance atau kinerja adalah perbuatan yang berdaya guna atau prestasi. Pegawai atau karyawan adalah orang-orang yang membutuhkan diklat untuk peningkatan kemampuannya agar hasil pekerjaannya meningkat. Job adalah sejumlah pekerjaan atau tugas spesifik  yang memiliki tingkat kerumitan tertentu dan memiliki hubungan satu sama lain.

Indikasi seorag pegawai dilatih senantiasa tidak lepas dari salah satu dari empat alas an yakni adanya pekerjaan baru sehingga butuh keterampilan baru pula, adanya kesenjangan pengetahuan pegawai, adanya kebijakan baru, atau untuk tujuan dipromosikan ke jabatan baru. Ketika konsep dasar diklat tersebut kemudian dikumpulkan dalam sebuah sistem diklat maka akan menjadi seperangkat komponen atau unsur-unsur diklat yang saling berinteraksi (sistemik) untuk mengubah kompetensi kerja seseorang (pegawai/karyawan/dsb) menjadi lebih baik melalui proses belajar dalam diklat. Input diklat berupa peserta, widyaiswara dengan kompetensinya, anggaran, waktu serta sarana dan prasarana diklat.

Proses diklat meliputi proses belajar mengajar, evaluasi pra dan pasca diklat, penataan sarana dan prasarana diklat. Produknya bisa berupa materi diklat atau makalah, dan peguasaan kapasitas khusus. Outputnya adalah peserta (lulusan) diklat dengan kompetensi sesuai yang diaharapkan dan dikuatkan dengan sertifikat atau SIM dan sebagainya. Outcome atau dampaknya berupa peningkatan produktivitas lulusan/kontribusi yang diberikan kepada organisasi. Mengetahui sistem diklat akan menjadi fokus acuan dalam setiap langkah penyelenggara diklat. Sehingga akan menjadi panduan tentang hal yang menjadi bagian dari eksistensi sebuah lembaga diklat. Contoh sederhananya seorang menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam diklat sebelum diklat itu dimulai. Lebih awal dari itu adalah kegiatan mengidentifikasi kebutuhan latihan.

Di akhir pelatihan selalu ada evaluasi untuk mengukur capaian kegiatan pelatihan. Sehingga dengan pengetahuan tentang konsep dasar sistem diklat sebuah kegiatan pelatihan akan terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan.   Oleh karena itu, Balai Pendidikan dan Pelatihan III bekerjasama dengan LAN dalam Menyelenggarakan "Diklat Training Officer Course" pada tanggal 4 Mei - 13 Mei  2015  

a.    Tujuan dan Sasaran Diklat : Lembaga diklat sebagai satu kesatuan institusi yang terdiri dari berbagai komponen yang harus bersinergi untuk memberikan layanan diklat bagi pelanggannya. Agar mampu professional dalam memberikan pelayanan yang prima maka segenap personil diklat harus membangun pondasi knowledge dan skill tentang segala aspek yang menjadi bagian sebuah institusi diklat agar mampu berattitude sebagaimana seharusnya penyelenggara diklat. Melalui pelatihan TOC (Training Officer Course) segenap karyawan akan mengetahui segenap fungsi dan peran masing-masing dan bersinergi untuk bekerjasama mencapai tujuan institusi sebagai tujuan bersama. Melalui TOC mereka juga dibekali tentang segenap pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi penyelenggara diklat yang professional. TOC merupakan sebuah keharusan bagi mereka.

b. Materi DiklatMata Pelajaran Diklat Training Officer Course adalah sebagai berikut :

  1. Pengarahan Program (3JP)
  2. Building Learning Commitment  (3JP)
  3. Etika Penyelenggara Diklat (9JP)
  4. Koordinasi Penyelenggaraan Diklat (6JP)
  5. Etos Kerja Penyelenggara Diklat (9JP)
  6. Administrasi Penyelenggaraan Diklat (9JP)
  7. Penjelasan Studi Lapangan (2JP)
  8. Pelaksanaan Program Diklat (6JP)
  9. Kebijakan Diklat Aparatur (3JP)
  10. Kebutuhan Peserta Diklat (9JP)
  11. Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Lingkungan Diklat (9JP)
  12. Fasilitas Diklat (9JP)
  13. Studi Lapangan (5JP)
  14. Penyusunan Laporan Studi Lapangan (3JP)
  15. Seminar Studi Lapangan (2JP)

c.        Tenaga Pengajar Pengajar/ Pembimbing/ Narasumber pada Diklat Training Officer Course terdiri dari para Widyaiswara Pusdiklat TF LAN yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dibidangnya.

d.      Peserta Peserta Diklat adalah PNS  yang bekerja sebagai pengelola / pelaksana kediklatan di unit-unit SATMINKAL di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

e.       Tempat dan Waktu Pelaksanaan Tempat pelaksanaan Diklat di Kampus Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan III, Jalan Sapta Taruna Raya, Komplek PU Pasar Jumat, Jakarta Selatan. Adapun waktu pelaksanaan Diklat Training Officer Course dimulai dari tanggal 4 Mei - 13 Mei 2015.

Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()

BERIKAN KOMENTAR


 
?>