30-Sep-20 |
/ Berita / Pelatihan Skema Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur Kpbu1

Pelatihan Skema Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur KPBU

Senin , 14 September 2020 31

Banjarmasin, 14 September 2020 – Untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di suatu wilayah/daerah tanpa harus membebani pendanaan dari APBN/APBD yang jumlahnya terbatas dan dengan melihat adanya potensi di suatu wilayah yang menarik dan dapat dikembangkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan inovasi dalam metode pembiayaan non-APBN berupa Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Badan usaha yang dimaksudkan di sini adalah, kalangan swasta. Sekarang ini, metode pembiayaan pembangunan infrastruktur KPBU merupakan salah satu solusi dalam percepatan penyediaan infrastruktur di Indonesia.  


Berdasarkan Peraturan Presiden No.38 Tahun 2015, KPBU adalah kerja sama antara pemerintah dan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur untuk kepentingan umum dengan mengacu kepada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK), yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya badan usaha dengan memperhatikan pembagian risiko antara para pihak.


Selaku penentu kebijakan pembiayaan infrastruktur, ASN Kementerian PUPR harus memiliki pemahaman yang baik terkait seluk beluk penyelenggaraan KPBU. Untuk itulah, BPSDM PUPR mengadakan Pelatihan Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) BPSDM PUPR Wilayah VII Banjarmasin. Pelatihan diselenggarakan mulai tanggal 14 hingga 18 September 2020.


Sekretaris BPSDM PUPR Herman Suroyo, dalam pidato sambutan pada pembukaan pelatihan menyampaikan,”Dengan pelatihan KPBU ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman ASN terkait skema KPBU dan mampu melaksanakan proses kerja sama (alur, mekanisme, dan tata cara) dengan badan usaha berdasarkan pada peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang berlaku.” Senin (14/09).


Tujuan yang ingin dicapai dari penyelenggaraan pelatihan KPBU adalah tersedianya SDM aparatur yang kompeten di bidang tugasnya khususnya untuk meningkatkan pengetahuan dalam menerapkan substansi dari peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang berkaitan dengan pola investasi dan mampu memilih model investasi yang sesuai dengan karakteristik proyek infrastruktur.


Pelatihan KPBU ini diikuti 29 peserta yang berasal dari Unit Kerja Kementerian PUPR dengan rincian; Direktorat Jenderal Perumahan sebanyak 5 peserta, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi sebanyak 10 peserta, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sebanyak 6 peserta, Direktorat Jenderal Cipta Karya sebanyak 1 peserta, Direktorat Jenderal Bina Marga 5 sebanyak peserta, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan sebanyak 2 peserta.


Tenaga Pengajar dalam pelatihan adalah, Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Terkait (Direktorat Pengembangan Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Pembiayaan, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan, BAPPENAS). Pembelajaran dalam pelatihan dilakukan secara distance learning (jarak jauh). (Bapekom VII Banjarmasin)



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat VII Banjarmasin

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()