11-Apr-21 |
/ Berita / Pelatihan Pkp Mencetak Pemimpin Yang Memiliki Kompetensi Kepemimpinan Pelayanan 1

Pelatihan PKP Mencetak Pemimpin yang Memiliki Kompetensi Kepemimpinan Pelayanan

Sabtu , 12 Desember 2020 123

Medan, 10 Desember 2020 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selalu berupaya agar SDM PUPR memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi jabatannya salah satunya dengan mengadakan sejumlah pelatihan. Dan kali ini, 12 peserta telah selesai mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) yang dilaksanakan secara on dan off campus. Pelatihan ini difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah I Medan dari tanggal 31 Agustus 2020 s.d. 10 November 2020. 

Melalui konferensi video, Kepala BPSDM PUPR Sugiyartanto menjelaskan dalam sambutan penutupannya tentang tujuan diadakan pelatihan ini yakni untuk mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi Kepemimpinan Pelayanan dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial pengawas.

“Sebagian peserta dari balai, harapan saya setelah mengikuti PKP ini, Anda bertanggung jawab sebagai pengawas lapangan atau sebagai koordinator, dan menjadi ujung tombak dalam pelayanan infrastruktur,” tegasnya.

Sebagaimana kita tahu, saat ini pemerintah pusat maupun daerah melakukan refocusing anggaran dalam penanganan Covid-19. Seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah melakukan pemangkasan anggaran sehingga para ASN mulai dari Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT), pengawas dan fungsional, dituntut untuk melakukan kreativitas dan inovasi dalam menjalankan birokrasi di masa pandemi.

Anggaran memang dikurangi, namun kreativitas dan inovasi tidak dapat dihalangi. Dengan kreativitas dan inovasi tersebut, ASN dapat tetap eksis dan produktif menjalankan roda birokrasi serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menutup sambutannya, Sugiyartanto berharap semua peserta pelatihan dapat mengadaptasi semua pembelajaran yang didapatkan selama pelatihan dan diimplementasikan ke dalam kegiatan sehari-hari dalam pekerjaannya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta pelatihan, Gatot Virgianto menuturkan bahwa selama mengikuti pelatihan sangat terbantu dan merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan Bapekom I Medan.

“Selama pembelajaran kami banyak mendapat ilmu dari widyaiswara yang berkompeten, terlebih lagi makanan yang disajikan selama pelatihan on campus sangat berkesan buat saya karena serasa makanan rumahan yang sesuai di lidah,” ungkapnya. 

Dalam pelatihan tersebut, dari 12 orang peserta pelatihan, 10 orang dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan 2 orang dinyatakan ditunda kelulusannya. 

Adapun 5 lulusan terbaik:

1. Mayjen Sinema Telaumbanua, ST dari Balai Wilayah Sungai Sumatera II dengan predikat Memuaskan; 

2. Gatot Virgianto,  S.T.,  M.Si. dari Direktorat Rumah Swadaya dengan predikat Memuaskan;

3. Dwi Setiawan, SE, MA dari Inspektorat I dengan predikat Memuaskan;

4. Bramantyo, ST, MPWK dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II dengan predikat Memuaskan;

5. Hamka Lubis, ST, M.Tech dari Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Sumatera Utara dengan predikat Memuaskan.

(Kompu BPSDM PUPR/Bapekom PUPR Wilayah I Medan)


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat I Medan

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()