24-Oct-21 |
/ Berita / Pelatihan Perencanaan Anggaran Di Bapekom Vii Banjarmasin Rampung Dilaksanakan1

Pelatihan Perencanaan Anggaran di Bapekom VII Banjarmasin Rampung Dilaksanakan

Rabu, 13 Oktober 2021 37
Pelatihan Perencanaan Anggaran di Bapekom VII Banjarmasin Rampung Dilaksanakan Pelatihan Perencanaan Anggaran di Bapekom VII Banjarmasin Rampung Dilaksanakan Pelatihan Perencanaan Anggaran di Bapekom VII Banjarmasin Rampung Dilaksanakan Pelatihan Perencanaan Anggaran di Bapekom VII Banjarmasin Rampung Dilaksanakan Pelatihan Perencanaan Anggaran di Bapekom VII Banjarmasin Rampung Dilaksanakan

Banjarmasin, 13 Oktober 2021 – Diperlukan keterpaduan antara perencanaan dan pengganggaran, agar mencapai sasaran pembangunan nasional sesuai visi dan misi Presiden yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Untuk mendukung hal itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) menyelenggarakan Pelatihan Perencanaan Anggaran yang telah berlangsung sejak 4 Oktober lalu, dan rampung Rabu (13/10), di Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VII Banjarmasin.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diamanatkan kepada Kementerian PUPR harus dikelola dengan baik, guna melaksanakan pembangunan infrastruktur yang optimal sebagai upaya dalam meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat. Dalam pengelolaannya terdapat siklus APBN dan hubungan keuangan APBN. “Siklus APBN sebagai wujud dari suatu pengelolaan APBN terdiri dari suatu rangkaian kegiatan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban,”jelas Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen Moeh. Adam, saat menutup pelatihan. Sebagai tahap pertama pada siklus APBN, perencanaan anggaran perlu dilakukan oleh SDM yang andal dan professional.

Adelia Untari salah satu peserta dari Balai Air Tanah Direktorat Jenderal SDA mengatakan, "Keseluruhan proses Anggaran dari awal mulai proses perencanaan dan penganggaran sampai terbitnya DIPA diantaranya terkait siklus anggaran, kebijakan, sistem dan struktur penganggaran/nomenklatur, Pengadaan B/J, BMN sampai dengan praktik dan aplikasinya, sudah sesuai dengan ranah pekerjaan saya. Dengan pelatihan ini saya menjadi mendapat gambaran didalam menentukan strategi porsi anggaran yang sebaiknya diterapkan di unit kerja saya. Terutama setelah adanya studi kasus dan penjelasan oleh pemateri terkait rencana anggaran dimana disana dijelaskan pilihan-pilihan kebijakan dalam melakukan penghematan serta realokasi anggaran."

Setelah menjalani 42 Jam Pelajaran (JP), Sebanyak 34 orang peserta yang berhasil lulus pada pelatihan, diharapkan dapat mengemban tanggungjawab tersebut. Terdapat tiga orang peserta meraih predikat peserta terbaik. Peserta dari Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman, Rahmat Wigena, meraih terbaik pertama. Terbaik kedua diraih oleh Adelia Untari, peserta dari Balai Air Tanah. Sedangkan terbaik ketiga diraih peserta dari Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan, Aryo Kusumo Aji.



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi VII Banjarmasin

KLIK DISINI ...