25-Nov-20 |
/ Berita / Pelatihan Penyelesaian Sengketa Kontrak Konstruksi Jamin Tertib Penyelenggaraan Konstruksi

Pelatihan Penyelesaian Sengketa Kontrak Konstruksi Jamin Tertib Penyelenggaraan Konstruksi

Kamis , 05 Maret 2020 103

Medan, 5 Maret 2020 - Dalam rangka mewujudkan tertib penyelenggaraan jasa konstruksi sesuai amanat Undang Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, yakni mewujudkan jaminan kesetaraan kedudukan antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam menjalankan hak dan kewajibannya, serta meningkatkan kepatuhan dalam penyelenggaraan konstruksi sesuai Peraturan Menteri PUPR Nomor 07 Tahun 2019 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan pelatihan Penyelesaian Sengketa Kontrak Konstruksi. 


Sambutan Kepala Pusdiklat Sumber Daya Air (SDA) dan Konstruksi yang dibacakan oleh Kepala Bidang Evaluasi dan Pelaporan Pusdiklat SDA dan Konstruksi BPSDM PUPR, Muhammad Nizar, pada pelatihan yang dilaksanakan di Balai Diklat PUPR Wilayah I Medan, Kamis (5/3) menyebutkan pembangunan infrastruktur yang sedang dilaksanakan pemerintah memerlukan berbagai faktor pendukung untuk memastikannya berjalan dengan lancar. Salah satu faktor pendukung tersebut adalah tertib penyelenggaraan konstruksi, di mana salah satu indikatornya adalah terlaksananya pelaksanaan jasa konstruksi sesuai peraturan yang telah ditetapkan. 


Banyaknya pembangunan infrastruktur yang dibangun pemerintah saat ini memerlukan pengawasan, terutama dalam aspek tertib penyelenggaraan yang menjamin kesetaraan antara pengguna dan penyedia jasa, sekaligus meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi yang ada. Permasalahannya hingga saat ini para penyedia dan pengguna jasa konstruksi umumnya hanya melihat jumlah atau nominal kontrak dengan jangka waktu yang tertera di dalam kontrak, tanpa melihat lebih dalam tentang hak dan kewajibannya dalam proyek penyelenggaraan konstruksi. Akibatnya tidak jarang proyek pekerjaannya mengalami permasalahan dikarenakan tidak melakukan pekerjaan berdasarkan kontrak atau regulasi yang berlaku. 


Pelatihan Penyelesaian Sengketa Kontrak Konstruksi yang berlangsung selama 24 Februari s/d 7 Maret tersebut diikuti 35 peserta. Pelaksanaannya menggunakan metode blended learning, yang terbagi atas klasikal pada 5-7 Maret 2020 dan online pada 24 Februari s/d 3 maret 2020. (Balai Medan)


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat I Medan

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()