25-Nov-20 |
/ Berita / Pelatihan Pengembangan Sdm Untuk Mendapatkan Tenaga Kerja Yang Baik Dan Tepat1

Pelatihan Pengembangan SDM Untuk Mendapatkan Tenaga Kerja Yang Baik dan Tepat

Kamis , 12 Maret 2020 192

Yogyakarta, 12 Maret 2020 - Untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumberdaya manusia yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan, karena setiap karyawan memerlukan pengetahuan, kompetensi, dan kebutuhan untuk berkembang supaya bisa bekerja dengan baik dan dapat meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. Demikian sambutan Kapusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada pembukaan Pelatihan Manajemen Pengembangan SDM yang dibacakan oleh Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah V Yogyakarta, Anwar, Kamis (12/3).


Indonesia merupakan negara yang kaya raya dengan sumber daya alamnya yang amat beragam. Indonesia mempunyai beragam potensi di berbagai sektor, seperti pertanian, kelautan, kehutanan, dan lain sebagainya. Dengan kondisi seperti itu seharusnya untuk menjadi negara maju di dunia bukan hal yang sulit bagi Indonesia, namun realitas sampai dengan saat ini telah berbicara sebaliknya, Indonesia masih dikategorikan sebagai negara berkembang. Semuanya tidak terlepas dari faktor SDM Indonesia yang belum cukup memadai untuk mampu mengelola segenap potensi yang dimiliki Indonesis sebagai katalisator kemajuan negara. Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam hal ini merupakan unsur utama aparatur negara yang mempunyai peranan dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sesuai dengan tuntutan nasional dan tantangan global untuk mewujudkan pemerintahan yang baik diperlukan SDM sebagai aparatur yang memiliki kompetensi dalam penyelenggaraan negara dan pembangunan.


Pengembangan SDM sendiri merupakan suatu rangkaian kegiatan organisasi atau institusi yang dilaksanakan dalam interval waktu tertentu dan didesain untuk melahirkan perubahan sikap mental dan keahlian karyawan, sehingga mereka mampu menyelesaikan penugasan yang berhubungan dengan peran dan tanggungjawabnya dimasa depan. Pengembangan SDM juga merupakan salah satu cara dalam menghadapi tantangan yang berkaitan dengan dinamika persoalan SDM. Pengembangan SDM biasanya berkaitan dengan upaya upgrade kemampuan intelektual atau emosional yang dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga menjadi lebih baik lagi. Pengembangan ini dilandaskan pada kenyataaan, bahwa setiap karyawan memerlukan pengetahuan, kompetensi, dan kebutuhan untuk berkembang supaya bisa bekerja dengan baik dan dapat meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. 


Persiapan jenjang karir dalam jangka waktu panjang untuk serangkaian posisi dan jabatan tertentu inilah yang dipahami sebagai proses pengembangan sumber daya manusia. Salah satu fungsi manajemen SDM, adalah training and development, yang berarti untuk mendapatkan tenaga kerja pendidikan yang bersumberdaya manusia yang baik dan tepat sangat perlu pelatihan dan pengembangan. Pelatihan bagi SDM di lingkungan Kementerian PUPR dalam hal ini mencakup: pembelajaran tentang Kebijakan Pengembangan SDM ASN PUPR; Pengantar Manajemen SDM; Pelatihan Berbasis Kompetensi; Pengelolaan Talenta, Jalur Karier, dan Perencanaan Suksesi; Manajemen Kinerja; Kebijakan Manajemen PNS dan P3K; Penilaian Kompetensi; dan Pemetaan Karier ASN PUPR.


Pelatihan Manajemen Pengembangan SDM yang diselenggarakan di Balai Diklat PUPR Wilayah VI Yogyakarta tersebut berlangsung pada 12-14 Maret 2020 dengan diikuti 30 peserta. (Balai V Yogyakarta)


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat V Yogyakarta

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()