11-Apr-21 |
/ Berita / Pelatihan Pengelolaan Banjir Terpadu Untuk Minimumkan Dampak Banjir1

Pelatihan Pengelolaan Banjir Terpadu Untuk Minimumkan Dampak Banjir

Senin , 01 Maret 2021 51

Makassar, 1 Maret 2021- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Banjir Terpadu mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 17 Maret 2021, yang dilaksanakan di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VIII, Makassar secara daring (distance learning).


Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman (BPSDM) Ruhban Ruzziyatno dalam sambutannya melalui konferensi video Senin (1/3) mengatakan, pengelolaan banjir terpadu adalah proses keterpaduan melalui pendekatan pengelolaan tanah dan Sumber Daya Air, daerah pantai/pesisir dan pengelolaan daerah bencana pada suatu DAS dengan tujuan memaksimumkan keuntungan daerah bantaran banjir dalam upaya meminimumkan kerugian yang ditimbulkan dari kejadian bencana banjir.


Ruhban mengatakan, pengelolaan banjir terpadu memiliki ciri utama yaitu: ikut sertanya seluruh unsur di dalam daerah aliran sungai. Banjir merupakan produk satu DAS (Daerah Aliran Sungai), oleh karenanya setiap kegiatan di daerah aliran sungai sesuai lokasi dan potensinya harus ikut berperan dalam mengurangi dan memperlambat aliran air dengan cara mempermudah infiltrasi air hujan yang meresap kedalam tanah dan memperbanyak tampungan sebagai wadah sementara air sebelum digunakan untuk keperluan umat manusia.


“Kejadian banjir ini hendaknya mendapatkan penanganan, baik sebelum bencana banjir terjadi, saat kejadian dan pemulihan pasca bencana ini terjadi. Untuk itu pada pelatihan pengelolaan banjir terpadu ini, peserta akan mendapatkan mata pelatihan-mata pelatihan yang dapat meningkatkan wawasan dan skill peserta dalam menghadapi bencana banjir secara terpadu,” ungkap Ruhban.


Ruhban melanjutkan, Dalam pelatihan ini akan disampaikan mata pelatihan yang mampu meningkatkan kompetensi para peserta khususnya dalam mengelola banjir secara terpadu, umumnya dalam sektor sektor Bidang Sumber Daya Air yang saling terintegrasi antara sektor satu dengan sektor lainnya. Mata pelatihan-mata pelatihan itu diantaranya: Hidrologi, Hidrolika Sungai dan Air Tanah, Pengelolaan Risiko Banjir, Pemanfaatan Fitur Alam (DAS, Dataran Banjir, Sempadan, Palung Sungai), Konservasi SDA, Penanggulangan Bencana Banjir, Pengelolaan Wilayah Pesisir, Prakiraan dan Peringatan Dini Banjir (Flood Forecasting and Warning System) dan Pemberdayaan Stakeholders serta Penyelesaian Konflik, jelas Ruhban.


Menutup sambutannya, Ruhban berharap pelatihan ini dapat menutup kesenjangan dalam kemampuan teknis dalam upaya pengendalian daya rusak air dan konservasi bidang Sumber Daya Air termasuk pengetahuan mengenai infrastruktur-infrastruktur pengendali banjir yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam usaha memberikan keselamatan, keamanan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bangsa dan Negara tercinta.

 

Pelatihan Pengelolaan Banjir Terpadu direncanakan diikuti sebanyak 30 orang. Adapun peserta yang konfirmasi hadir pelatihan sebanyak 22 orang, yang berasal dari ASN Kementerian PUPR, terdiri dari : Direktorat Operasional dan Pemeliharaan, Ditjen SDA 1 Orang; Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, Ditjen SDA 2 Orang; Direktorat Sungai dan Pantai, Ditjen SDA 1 Orang;Balai Besar Wilayah Sungai Citarum 10 orang; Balai Besar Wilayah Sungai Brantas 1 Orang; Balai Teknik Sungai 3 Orang; Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang 1 Orang; Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy 1 Orang; Balai Wilayah Sungai Bali Penida 3 Orang;Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, 1 Orang; Balai Wilayah Sungai Sumatera II 1 Orang; Balai Wilayah Sungai Sumatera IV 1 Orang;Balai Wilayah Sungai Sumatera VI 1 Orang; Balai Wilayah Sungai Sumatera VII 1 Orang ;Balai Wilayah Sungai Kalimantan II 1 Orang dan Balai Wilayah Sungai Papua 2 orang.


Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()