25-Jan-21 |
/ Berita / Pelatihan Pengawasan Mutu Pelaksanaan Pekerjaan Air Baku1

Pelatihan Pengawasan Mutu Pelaksanaan Pekerjaan Air Baku

Senin , 19 Oktober 2020 50

Palembang, 19 Oktober 2020 – Air beserta sumber-sumbernya, termasuk kekayaan alam yang terkandung di dalamnya adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai manfaat serba guna bagi umat manusia. Agar bisa digunakan secara maksimal, air harus dikelola dengan baik, sehingga kualitasnya terjaga dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.  

Sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar 1945, pengelolaan sumber daya air dilakukan oleh negara, yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR. Dalam melaksanakan tugasnya Ditjen SDA membutuhkan SDM yang kompeten dan berintegritas di bidang pengelolaan air baku, sehingga kebutuhan air minum masyarakat bisa terpenuhi dengan baik.

Menyikapi hal tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Sumber Daya Air dan Permukiman menyelenggarakan Pelatihan Pengawasan Mutu Pelaksanaan Pekerjaan Air Baku yang diikuti 23 peserta dari berbagai unit kerja di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Dalam sambutan melalui konferensi video pada acara pembukaan pelatihan, Kepala Pusbangkom SDA dan Permukiman Ruhban Ruzziyatno mengatakan, “Sebagai ASN Kementerian PUPR yang bekerja di bidang air baku, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyediakan air untuk masyarakat. Haruslah memiliki kemampuan pengawasan yang baik, hal ini agar penyediaan air baku dapat terlaksana dengan baik.”

Lebih lanjut, Ruhban juga menyampaikan bahwa para peserta pelatihan diberikan pembekalan-pembekalan yang bersifat empiris dan telah dilaksanakan di lapangan. Para peserta juga akan diminta untuk mendiskusikan materi pengawasan pada bangunan yang ada pada sistem air baku seperti: intake, embung, konstruksi jaringan transmisi, rumah pompa, dll. Selain itu juga ada materi sistem manajemen keselamatan kerja, dokumen kontrak dan manajemen mutu sangat penting dalam pengawasan pekerjaan air baku.

Dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dalam hal pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan air baku.

Pelatihan Pengawasan Mutu Pelaksanaan Pekerjaan Air Baku yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah II Palembang, akan berlangsung secara virtual selama 5 hari, dari tanggal 19 s.d.23 Oktober 2020. Peserta pelatihan juga akan melaksanakan On Job Training (Klasikal) pada Tanggal 26 s.d 27 Oktober 2020 dan Sertifikasi oleh HATHI tanggal 28 Oktober 2020. (Bapekom II/Kompu BPSDM)



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat II Palembang

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()