19-Oct-20 |
/ Berita / Pelatihan Pelaksanaan Anggaran Untuk Tingkatkan Kompetensi Pengelola Anggaran1

Pelatihan Pelaksanaan Anggaran untuk Tingkatkan Kompetensi Pengelola Anggaran

Senin , 28 September 2020 59

Medan, 28 September 2020 - Pelaksanaan anggaran dalam pembangunan infrastruktur bidang PUPR harus dilaksanakan secara profesional, akuntabel, terbuka, efektif, efisien dan bertanggung jawab dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara yang baik sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang ada. 

Sejalan dengan hal tersebut, peningkatan kompetensi SDM sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan ASN yang menangani kesatkeran dalam pengelolaan keuangan di lingkungan Kementerian PUPR.

Oleh karena itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen menyelenggarakan Pelatihan Pelaksanaan Anggaran.

Pelatihan yang difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah I Medan bersama dengan Biro Perencanaan Anggaran & KLN, Biro Keuangan, Direktorat Pengembangan Jasa Konstruksi diikuti oleh 32 peserta yang merupakan ASN Kementerian PUPR. Pembelajaran dalam pelatihan dilaksanakan secara distance learning, mulai tanggal 28 September s.d 7 Oktober 2020.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan yang dilaksanakan melalui konferensi video dari Jakarta (28/9), Kepala BPSDM PUPR yang diwakili Sekretaris BPSDM, Herman Suroyo, menyampaikan kepada peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan bukan hanya didasari oleh kewajiban untuk memenuhi panggilan dan penugasan semata, tetapi juga merupakan perwujudan upaya bersama dalam rangka pengembangan kompetensi, khususnya dalam pelaksanaan anggaran di lingkungan Kementerian PUPR.

Herman juga mengingat tentang betapa pentingnya peran pejabat atau aparatur pelaksanaan anggaran di pemerintahan. Oleh karena itu bagi para pegawai Kementerian PUPR yang pekerjaannya terkait dengan pelaksanaan anggaran perlu memahami pengelolaan keuangan secara lebih baik, diantaranya mengenai: tata cara pelaksanaan paket swakelola dan kontraktual, Petunjuk Operasional Kegiatan (POK), penyelenggaraan barang dan jasa, pemantauan, evaluasi dan pelaporan secara elektronik, tentang tata cara penyusunan dan penyiapan SPP & SPM, penatausahaan pajak, verifikasi belanja pegawai dan modal, serta penilaian kinerja pelaksanaan anggaran.

Dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan terkait dengan pelaksanaan anggaran sehingga mampu melaksanakan anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Bapekom I Medan) 



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat I Medan

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()