03-Mar-21 |
/ Berita / Pelatihan Operasi Dan Pelatihan Irigasi Di Medan Telah Usai1

Pelatihan Operasi dan Pelatihan Irigasi di Medan Telah Usai

Jumat , 23 Oktober 2020 93

Medan, 23 Oktober 2020 – Penyelenggaraan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (OP) Irigasi yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah I Medan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) secara resmi ditutup pada hari ini, Jumat (23/10).

Pelatihan ini telah dilaksanakan selama sepuluh hari, dari tanggal 12-22 Oktober 2020, dengan metode pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil evaluasi dari para pengajar, jumlah kehadiran peserta dan keaktifan dalam proses belajar mengajar, dari 28 ASN Kementerian PUPR yang mengikuti pelatihan, sebanyak 27 orang dinyatakan lulus dengan predikat nilai baik sekali, sementara yang tidak lulus hanya 1 orang.  

Sutrisno salah satu alumni pelatihan yang berasal dari Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam, menyampaikan pendapatnya tentang pelatihan. “Selama pelatihan saya mendapatkan pengetahuan mengenai peraturan-peraturan dan informasi lain terkait irigasi yang sangat dibutuhkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan teknis irigasi,” ujarnya.   

Sutrisno pun berharap untuk bisa diikutsertakan kembali jika ada pelatihan yang berkaitan dengan irigasi. “Untuk menambah pengetahuan dan semoga waktu pelatihan yang lebih lama lagi agar kinerja petugas bidang irigasi lebih baik kedepannya dan menjawab kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi di lapangan,” imbuhnya. 

Pemanfaatan irigasi yang baik, akan berdampak besar pada kehidupan para petani. Pengelolaan irigasi yang dilaksanakan dengan mengoptimalkan pembagian air secara tepat waktu dan tepat jumlah akan membuat hasil tanam bagus dan meningkat, yang berarti peningkatan pendapatan bagi para petani. 

“Peran petugas lapangan merupakan ujung tombak pengelolaan irigasi yang memiliki peran besar terhadap kesuksesan Daerah Irigasi (DI) masing-masing,” ungkap Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman, Ruhban Ruzziyatno 

dalam sambutan penutupan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (OP) Irigasi yang dilaksanakan secara virtual, pada Jumat (23/10).

Selain itu, Ruhban pun menyampaikan tentang tujuaan dan manfaat pelatihan. “Pelatihan  O & P Irigasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan Bapak/Ibu sekaligus memfasilitasi Bapak/Ibu untuk berdiskusi dengan pengajar maupun sesama peserta untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui di lapangan,” imbuhnya. 

Menutup sambutannya, Ruhban mengingatkan para alumni pelatihan tentang etos kerja yang harus dimiliki ASN Kementerian PUPR, sebagaimana yang diamanatkan oleh Menteri Basuki Hadimuljono. “Setelah mengikuti pelatihan diharapkankan adanya peningkatan dalam hal integritas, disiplin dan etika di tempat kerja masing-masing dengan menjadikan IProVe sebagai dasar bersikap dan dipedomani segenap warga Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang bapak/ibu menjadi bagian di dalamnya,” pungkas Ruhban. 


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat I Medan

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()