16-May-21 |
/ Berita / Pelatihan O Amp P Rawa Untuk Mencetak Sdm Pengelola Rawa Yang Kompeten1

Pelatihan O & P Rawa Untuk Mencetak SDM Pengelola Rawa Yang Kompeten

Kamis , 18 Maret 2021 38

Banjarmasin, 18 Maret 2021 - Pengembangan daerah rawa di Indonesia tersebar di beberapa pulau, yaitu; Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jayapura. Luas lahan rawa Indonesia diperkirakan mencapai 33.393.570 hektar yang terdiri dari 20.096.800 hektar (60,2%) lahan pasang surut dan 13.296.770 hektar (39,8%) lahan rawa non-pasang surut (lebak).  


Sama seperti infrastruktur sumber daya air lainnya, kegiatan operasi dan pemeliharaan pada daerah rawa juga harus dilakukan mengingat lahan rawa merupakan lahan alternatif produksi padi selain lahan sawah konvensional. 


Memperhatikan pentingnya pengelolaan rawa, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman menyelenggarakan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (O & P) Rawa pada 17 s.d 26 Maret 2021 secara distance learning. 


Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman, Ruhban Ruzziyatno dalam sambutan pembuka pelatihan melalui konferensi video, Rabu (17/3) mengatakan bahwa kegiatan operasi dan pemeliharaan merupakan hal yang tidak kalah penting untuk menjaga kelestarian fungsi dan manfaat suatu infrastruktur, khususnya infrastruktur sumber daya air. 


Atas dasar itu, diperlukan peningkatan kualitas SDM pengelola rawa yang ada dengan melakukan berbagai upaya diantaranya melakukan pelatihan teknis dan mengembangkan metode pelatihan sesuai dengan kondisi dan perkembangan teknologi, salah satunya melalui Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (O&P) Rawa ini. 


 “Dengan adanya pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Rawa, semua pihak dapat menyadari pentingnya kegiatan operasi dan pemeliharaan yang terintegrasi dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang tak kalah penting,” ungkap Ruhban. 


Dengan dilaksanakannya pelatihan O & P Rawa ini, Ruhban berpesan walaupun pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode pelatihan jarak jauh atau full distance learning, diharapkan tidak mengurangi antusias dan semangat belajar mengajar dan diskusi sehingga para peserta dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terkait Operasi dan Pemeliharaan Rawa sehingga mampu menjadi petugas dalam kegiatan O & P yang dapat diandalkan unit kerja tempat peserta mengabdi. 


Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (O & P) Rawa yang dilaksanakan sebanyak 47 Jam Pelajaran (JP) ini difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VII Banjarmasin dan diikuti sebanyak 29 peserta.


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi VII Banjarmasin

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()