24-Oct-21 |
/ Berita / Pelatihan Memperkaya Peserta Tentang Operasi Dan Pemeliharaan Irigasi1

Pelatihan Memperkaya Peserta Tentang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi

Rabu, 13 Oktober 2021 31
Pelatihan Memperkaya Peserta Tentang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Pelatihan Memperkaya Peserta Tentang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Pelatihan Memperkaya Peserta Tentang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Pelatihan Memperkaya Peserta Tentang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Pelatihan Memperkaya Peserta Tentang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi

Medan, 13 Oktober 2021 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman secara resmi telah selesai menyelenggarakan Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (OP) Irigasi Tingkat Pengamat, dengan difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I Medan, Selasa (12/10).


Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman yang diwakili Kepala Bidang Manajemen Sistem dan Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi, Fitri Riandini dalam sambutan penutup pelatihan mengatakan bahwa,“Operasi dan Pemeliharaan jaringan irigasi merupakan suatu kegiatan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar fungsi pelayanan irigasi dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk menunjang usaha-usaha sektor pertanian dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Selain itu, kelayakan jaringan irigasi juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi penggunaan air irigasi,” ungkap Fitri.


Fitri menambahkan untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan irigasi yang efisien dan efektif serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat petani, pengelolaan irigasi dilaksanakan dengan mengoptimalkan pembagian air secara tepat waktu dan tepat jumlah. Selain itu, kelayakan jaringan irigasi juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi penggunaan air irigasi.


Pelatihan yang telah diselenggarakan sejak 4 Oktober 2021 ini telah meluluskan 25 ASN PUPR dan Dinas PUPR. Peserta dengan predikat peserta terbaik, diraih oleh Annisa Lion Firda, S.T., dari BBWS Serayu Opak. Melalui pelatihan ini, Annisa mengatakan lebih memahami kegiatan apa saja yg harus dilakukan untuk operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi. “Ilmu yang didapat dari pelatihan ini, dapat saya bagikan dengan rekan-rekan lain di unit kerja saya (transfer knowledge), terutama untuk rekan-rekan yang bekerja di OP jaringan irigasi,” ucap Annisa.


Annisa mengaku dengan mengikuti pelatihan ini dapat memberi pandangan baru dirinya terkait bagaimana melakukan OP jaringan irigasi yang baik. Kesinambungan antara semua komponen, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kelembagaan, kalibrasi alat ukur, sampai praktek langsung di lapangan dengan pengisian blangko operasi dan pemeliharaan. Ia pun berharap agar bisa melakukan pelatihan secara tatap muka untuk hasil yang maksimal.


Maka dalam menentukan keberlangsungan kegiatan OP irigasi di lapangan, petugas irigasi merupakan petugas lapangan ujung tombak pengelolaan irigasi yang memiliki peran besar terhadap kesuksesan daerah irigasi masing-masing. Untuk itu, dengan telah terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan untuk dapat meningkatkan kompetensi serta memberikan bekal pengetahuan kepada para peserta dalam melaksanakan kegiatan operasi dan pemeliharaan irigasi.



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Pengembangan Kompetensi I Medan

KLIK DISINI ...