11-Apr-21 |
/ Berita / Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Guna Mencetak Pemimpin Yang Miliki Kompetensi Kepemimpinan Pelayanan1

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Guna Mencetak Pemimpin yang Miliki Kompetensi Kepemimpinan Pelayanan

Rabu , 02 Desember 2020 128

Surabaya, 2 Desember 2020 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan I yang difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi (Bapekom) PUPR Wilayah VI Surabaya dari tanggal 24 Agustus s.d. 3 Desember 2020. Pelatihan kali ini digelar dengan dengan pola on campus dan off campus.

Melalui konferensi video, Sekretaris BPSDM PUPR Herman Suroyo menjelaskan dalam sambutannya tentang tujuan diadakan pelatihan ini yakni untuk mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi Kepemimpinan Pelayanan dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial pengawas.

“Melalui proses pelatihan ini diharapkan agar seorang pemimpin harus memiliki kompetensi kepemimpinan pelayanan sebagai kompetensi manajerial, untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan pengawas yang memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan, dalam memberikan pelayanan publik sesuai SOP dan terselenggaranya pengendalian pekerjaan secara berkesinambungan,” tegas Herman.

Dewasa ini, pemerintah baik pusat maupun daerah melakukan refocusing anggaran dalam penanganan Covid-19. Seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah melakukan pemangkasan anggaran tersebut, sehingga banyak kegiatan yang perlu dilakukan penyesuaian.

“Selain daya kreatif dan inovatif, pejabat pengawas juga dituntut punya kepekaan di masa pandemi. Peka terhadap krisis untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi adaptasi kebiasaan baru sehingga menghasilkan aparatur berkinerja tinggi dan pelayanan pubik tetap terjamin,” tegasnya.

“Besar harapan kami, hasil inovasi gagasan proyek perubahan yang telah disusun bapak/ibu dapat terus dikawal pelaksanaannya sampai kepada target jangka menengah dan jangka panjang, agar perbaikan kualitas pelayanan pemerintah terhadap masyarakat luas dapat terus meningkat,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta Ima Solikhati menuturkan pendapatnya, bahwa pengetahuan terkait perencanaan suatu kegiatan, tim efektif dan strategi komunikasi sangat bermanfaat dalam menyelesaikan tugas pada rencana aksi perubahannya.

“Perencanaan ini sangat berperan dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, aplikasinya dalam aksi perubahan ini adalah pembuatan milestone/schedule/tahapan-tahapan dari pekerjaan. Selain itu, tim efektif sangat diperlukan dalam menyelesaikan aksi perubahan agar lebih terstruktur, sehingga target aksi perubahan saya sesuai dengan capaian milestone jangka pendek. Dan tentang strategi komunikasi sangat berperan dalam penyelesaian masalah dengan terutama terkait dukungan stakeholder baik internal maupun eksternal,” ungkap Ima.

Ia pun mengungkapkan bahwa kurikulum dalam sistem daring sejatinya tidak bisa disamakan dengan tatap muka, sehingga harus dikaji terkait durasi waktu pelaksanaan jam pelajaran. Pelatihan PKP ini turut bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Manajemen BPSDM PUPR. (Kompu BPSDM PUPR)


Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Diklat VI Surabaya

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()