25-Jan-21 |
/ Berita / Pelatihan Bendahara Pengeluaran Angkatan Iv Tahun Anggaran 2020

Pelatihan Bendahara Pengeluaran Angkatan IV Tahun Anggaran 2020

Selasa , 20 Oktober 2020 79

Palembang, 20 Oktober 2020 - Tuntutan penyelenggaraan infrastruktur yang tiggi tentu saja didukung dengan anggaran yang juga sangat besar. Sebagaimana kita ketahui bersama, Kementerian PUPR mengelola anggaran dengan jumlah tertinggi diantara Kementerian/Lembaga. 


Dengan anggaran yang dikelola sedemikian besar, Kementerian PUPR berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada 2019. Prestasi yang diraih tersebut menunjukkan bahwa penyusunan laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban penggunaan anggaran yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR telah sesuai dengan UU No.17 2013 tentang Keuangan Negara. 


Dalam penyusuan laporan keuangan yang baik dan capaian opini WTP dari BPK, peran dan fungsi bendahara pengeluaran sangatlah penting. Oleh karena itu BPSDM melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen dengan difasilitasi oleh Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah II Palembang kembali melaksanakan Pelatihan Bendahara Pengeluaran untuk Tahun Anggaran 2020. Pelatihan merupakan angkatan ke-4. 


Dalam Sambutan pembukaan pelatihan secara virtual pada Senin (19/10), Sekretaris BPSDM Kementerian PUPR Herman Suroyo menyatakan, “Peran dan fungsi bendahara pengeluaran sangatlah penting. Untuk itu Bapak/Ibu sekalian yang akan bertugas maupun yang sudah bertugas sebagai bendahara pengeluaran, harus memahami tugas dan tanggung jawab sebagai bendahara pengeluaran, diantaranya yaitu harus mampu bersinergi dengan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) atau Kasatker dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di unit kerja Bapak/Ibu sekalian, agar menghasilkan pengelolaan keuangan negara yang baik.”


Ia pun berharap agar keikutsertaan dalam pelatihan bukan hanya didasari oleh kewajiban untuk memenuhi panggilan dan penugasan semata, tetapi juga merupakan perwujudan upaya bersama dalam rangka pengembangan kompetens SDM Bendahara Pengeluaran di lingkungan Kementerian PUPR.


Menurut laporan dari panitia pelaksana pelatihan, peserta Pelatihan Bendahara Pengeluaran Angkatan IV, akan diikuti 30 orang ASN yang berasal dari unit organisasi di lingkungan PUPR. Pelatihan dilaksanakan secara virtual dari Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah II Palembang, mulai tanggal 19 Oktober 2020 s.d. 23 Oktober 2020 dan ujian sertifikasi tanggal 26 Oktober 2020.


Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku ASN sesuai dengan persyaratan untuk menduduki jabatan sebagai bendahara atau asisten bendahara pengeluaran.



KOMENTAR ()