03-Aug-21 |
/ Berita / Memetakan Kompetensi Asn Pupr Untuk Pemanfaatan Dalam Penataan Sistem Manajemen Sdm 1

Memetakan Kompetensi ASN PUPR Untuk Pemanfaatan Dalam Penataan Sistem Manajemen SDM

Senin , 24 Mei 2021 140

Jakarta, 24 Mei 2021 - Pemenuhan kebutuhan ASN di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) haruslah menitikberatkan kepada kompetensi dan kinerja pegawai sebagaimana arahan Bapak Menteri PUPR yang menegaskan bahwa dalam menunjang Agenda Prioritas Presiden untuk 5 tahun kedepan perlu adanya perkuatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berintegritas dan kompeten. Sejalan dengan arahan tersebut, maka diperlukan peningkatan karakter yang baik dan kuat para pegawai PUPR dengan mampu bersikap berani, tangguh dan disiplin.


Sebagai salah satu upaya mendukung hal tersebut, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Talenta menyelenggarakan Penilaian Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 ke Atas Gelombang 4, Senin (24/5).


Penilaian potensi dan kompetensi merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan BPSDM PUPR untuk membantu Kementerian PUPR dalam menyusun profil Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menyediakan data profil ASN melalui mekanisme penilaian yang objektif dan transparan dengan tetap mengedepankan integritas.


“Pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi online pelaksana S1 ini merupakan upaya kami untuk memotret kompetensi, memetakan kompetensi Bapak Ibu sekalian. Semua pergerakkan pegawai, baik itu rotasi, mutasi dan apalagi untuk promosi, Bapak Ibu harus memiliki data, memiliki peta kompetensi,” ungkap Kepala Pusat Pengembangan Talenta, Rudy Ridwan Effendi dalam sambutan pembukanya.


Lebih lanjut bahwa profil ASN tersebut juga dimanfaatkan dalam penataan sistem manajemen SDM aparatur dan juga digunakan untuk pembangunan Zona Integritas (ZI), terutama dalam penataan sistem manajemen SDM aparatur yang antara lain bertujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen SDM aparatur serta meningkatkan profesionalisme SDM aparatur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan data hasil assessment dalam proses penerimaan pegawai, pengembangan pegawai berbasis kompetensi, serta pengisian jabatan.


“Ini yang harus kita penuhi, termasuk dalam pemenuhan kita sebagai instansi yang akan mengubah melalui reformasi birokrasi,” tambah Rudy.


Untuk itu dengan terlaksananya penilaian potensi dan kompetensi ini diharapkan dapat memotret profil kompetensi pegawai yang bersangkutan sehingga dapat digunakan untuk memberikan pengembangan yang diperlukan serta penempatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensi masing-masing pegawai.


Potensi dan Kompetensi Online Pelaksana S1 ke Atas Gelombang 4 yang diselenggarakan Balai Penilaian Potensi Jakarta ini dilaksanakan selama 3 hari pada 24 s. 25 Mei 2021 dan 27 Mei 2021 dengan diikuti sebanyak 82 ASN di lingkungan Kementerian PUPR. (Kompu BPSDM)



Informasi Lebih Lanjut tentang Balai Penilaian Kompetensi
KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()