22-Jun-21 |
/ Berita / Memahami Penyusunan Dupak Salah Satu Manfaat Dalam Pelatihan Fungsional

Memahami Penyusunan Dupak, Salah Satu Manfaat Dalam Pelatihan Fungsional

Kamis , 10 Juni 2021 62

Medan, 10 Juni 2021 – Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan isu sentral dalam penentuan keberhasilan organisasi dalam mewujudkan visi dan misinya. Untuk itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) Manajemen berupaya untuk mengembangkan kompetensi dan kualitas SDM dalam bidang teknis jalan dan jembatan ahli pertama. Setelah berlangsung selama 11 hari dari tanggal 31 Mei 2021, Pelatihan Fungsional Teknis Jalan dan Jembatan yang difasilitasi Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I Medan secara blended learning telah rampung dan resmi ditutup, Kamis (10/6).


Arif, salah satu peserta pelatihan dari Balai Geoteknik, Terowongan dan Struktur menyatakan pendapatnya pada pelatihan ini, dirinya mengaku sangat senang bisa kembali bertemu secara tatap muka langsung dengan beberapa pengajar maupun teman yang sudah lama tidak dilakukan.


Selain itu Arif juga menambahkan selaku jafung pertama mengalami kesulitan dalam penyusunan DUPAK. “Kami mengapresiasi sekali pelatihan jafung jalan dan jembatan ini dilakukan, karena selama ini kami mencoba menyusun DUPAK hanya berdasarkan pengetahuan teman di unit kerja. Dengan mengikuti pelatihan selama dua minggu ini kami sangat terbantu sekali dengan materi-materi yang sangat baik yang telah disampaikan oleh para pengajar,” ujar Arif.


Dalam penutupan pelatihan tersebut, Kepala Pusbangkom Manajemen, Moeh. Adam menyampaikan bahwa sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyatakan bahwa salah satu prinsip ASN sebagai profesi adalah berlandaskan pada kompetensi yang diperlukan sesuai bidang tugasnya. “Jabatan fungsional Bidang PUPR merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pembangunan khususnya sebagai motor penggerak dalam pembangunan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang andal,” jelas Adam.


Adam menambahkan Pelatihan Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan Ahli Pertama Angkatan I bagi para pejabat fungsional bertujuan dapat mewujudkan SDM yang kompeten dan berintegritas dan berharap materi yang diterima selama pelatihan ini dapat memberikan manfaat dalam berkarier sebagai pejabat fungsional, serta lebih penting lagi bagi organisasi Kementerian PUPR.


Selama kegiatan pembelajaran pelatihan berlangsung, telah diadakan evaluasi, meliputi pretest, post test, latihan soal serta diskusi. Berdasarkan hasil evaluasi peserta oleh pengajar, jumlah kehadiran peserta dan juga keaktifan proses belajar mengajar, maka jumlah peserta yang dinyatakan “Lulus Pelatihan” sebanyak 32 orang dengan rincian adalah sebagai berikut: peserta dengan predikat “Memuaskan” sebanyak 1 orang atas nama Arif Salman Dabigi, S.T., M.T. dan peserta dengan predikat “Baik Sekali” sebanyak 31 orang. Peserta yang telah selesai mengikuti Pelatihan dan dinyatakan lulus, akan mendapatkan sertifikat Pelatihan yang diterbitkan oleh BPSDM Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Informasi Lebih Lanjut tentang Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen


KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()