27-Nov-21 |
/ Berita / Melayani Publik Lewat Simantu1

Melayani Publik lewat SIMANTU

Selasa, 05 January 2021 466
Melayani Publik lewat SIMANTU Melayani Publik lewat SIMANTU

Jakarta, 5 Januari 2021 - Dalam rangka mewujudkan percepatan tata kelola pemerintahan yang baik dan memenuhi salah satu agenda Reformasi Birokrasi, yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan dan tidak terlepas dari akuntabilitas serta transparansi, Kementerian PUPR terus melakukan peningkatan dan pengembangan pelayanan publik.


Untuk meningkatkan pelayanan publik tersebut, Kementerian PUPR melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengembangkan beberapa sistem, salah satunya adalah Sistem Manajemen Pengetahuan atau yang dikenal dengan SIMANTU yang dapat diakses melalui simantu.pu.go.id.


SIMANTU merupakan suatu sistem yang berisi berbagai informasi terkait bidang PUPR. Simantu secara resmi diluncurkan Februari tahun 2019 oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono. Sistem ini dapat diakses tidak hanya oleh pegawai Kementerian PUPR tetapi juga kepada masyarakat umum sehingga masyarakat dapat memperoleh ilmu terkait bidang PUPR dengan lebih mudah dan terpercaya. Sebagai bentuk kepercayaan publik terhadap SIMANTU, sistem ini telah meraih juara ke II dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian PUPR tahun 2020.


Berbagai layanan yang ditawarkan SIMANTU seperti: melakukan pencarian informasi yang lebih baik dan kredibel terkait berbagai bidang PUPR dan melakukan diskusi dengan tenaga ahli yang kompeten yang berasal dari berbagai bidang di Kementerian PUPR. Bagi pegawai Kementerian PUPR dapat melakukan unduh konten yang ada pada sistem dan juga dapat mengunggah konten informasi seperti artikel, buku, video yang berisi informasi terkait bidang ke-PUPR-an.


BPSDM meningkatkan keamanan sistem SIMANTU dengan melakukan perbaikan terhadap celah-celah yang memungkinkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk dapat meretas/merusak sistem. Beberapa fitur keamanan yang sudah ditambahkan diantaranya yaitu: Pembatasan fitur-fitur yang diberikan dalam tiap hak akses SIMANTU, sehingga hak akses untuk admin, pengguna biasa, dan pengguna umum tidak semua mendapatkan fitur-fitur yang sama.


Sampai saat ini SIMANTU telah memberikan perubahan dalam pengembangan pengetahuan di Indonesia. Hal ini dapat dapat dilihat dari tingginya animo masyarakat pengguna pada periode 2019-2020. Saat ini total pengunjung SIMANTU hingga Januari 2021 sudah mencapai 136.923 dengan jumlah pengunjung tetap setiap harinya berkisar 200 sampai 300 pengunjung. Jumlah total konten berupa buku dan artikel sebanyak 2.992 dimana total Karya Tulis yang diunggah 1.012 judul. Pengunjung juga sangat antusias dengan ruang diskusi dimana total viewer mencapai 27.457.

 


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...