|
/ Berita / Melalui Konferensi Video Bpsdm Pupr Tetap Bisa Laksanakan Pelatihan1

Melalui Konferensi Video BPSDM PUPR Tetap Bisa Laksanakan Pelatihan

Senin , 23 Maret 2020 33

Jakarta, 23 Maret 2020 - Menyikapi merebaknya virus Corona, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 04/SE/M/2020 tentang Penanganan Penyebaran COVID-19 di lingkungan Kementerian PUPR, menjadwal ulang berbagai kegiatannya. Dengan penjadwalan ulang tersebut, kegiatan-kegiatan, seperti seminar, lokakarya, maupun rapat, yang melibatkan banyak peserta, akan diubah waktu pelaksanaannya, kecuali jika dilaksanakan dengan metode pembelajaran jarak jauh (e-learning).

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) PUPR dalam hal ini bisa tetap melaksanakan program-program pelatihannya, karena sudah mengembangkan sistim pembelajaran jarak jauh, dimana interaksi antara pengajar dengan peserta dilakukan melalui konferensi video. Demikian halnya pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang diselenggarakan di Balai Diklat PUPR Wilayah IV Bandung. Pelatihan yang diikuti oleh 18 peserta tersebut dilaksanakan dengan memadukan metode e-learning. Kepala Seksi Penyelenggara Balai Diklat PUPR Wilayah IV Bandung, Deasefa Nurul Lestari, melalui sambungan telepon dari Bandung, Senin (23/3) mengatakan, PKA yang dimulai pada Senin (9/3) rencananya akan dilakukan dengan sistim on campus 1 mulai pada 9 Maret s/d 8 April 2020 kemudian dilanjutkan dengan off campus selama dua bulan dan masuk kembali on campus 2 pada 8 s/d 11 Juni 2020. Sedianya pelatihan yang dilaksanakan pada 9 Maret s/d 8 April itu dilakukan dgn metode klasikal, namun untuk mencegah penyebaran COVID 19, maka mulai Senin (23/3) dilaksanakan dengan metode e-learning. Dea menambahkan, pelatihan melalui konferensi video yang cukup lancar dan jelas penyampaiannya tersebut akan berlangsung hingga 31 Maret 2020.

Fajar Santoso Hutahaean, salah satu peserta PKA, mengungkapkan kendati pelatihan disampaikan melalui konferensi video, tetapi ternyata seluruh peserta sangat serius menyimak. Itu karena materi yang disampaikan jelas secara audio maupun presentasi. Hal senada juga dikemukakan oleh Agus Suprapto, Widyaiswara PKA, yang berterimakasih atas response dan diskusi yang bermanfaat bagi semua. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada peserta yang memiliki pemikiran-pemikiran bagus. 

Pelatihan Kepemimpinan Administrasi sendiri merupakan proses mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja. Pelatihan yang memakan waktu selama 797 Jam Pelajaran (JP) atau setara dengan 91 hari tersebut dibagi dalam klasikal maupun non-klasikal. Dalam pelatihan peserta tidak hanya belajar teori, namun juga mempelajari aktualisasi yang akan langsung dipraktekkan di dalam organisasinya.


Informasi Lebih Lanjut tentang Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

KLIK DISINI ...


KOMENTAR ()